Dark/Light Mode

Maksimalkan Potensi Hutan Kalimantan

Pertamina NRE-Pemprov Kaltim Siap Garap Proyek Ekonomi Hijau

Selasa, 3 Oktober 2023 15:29 WIB
Gubernur Kaltim Isran Noor (tengah) dan Direktur Utama Pertamina NRE Dannif Danusaputro (kedua kiri) usai menandatangani kesepakatan kerja sama pengembangan proyek ekonomi Hijau di Kaltim. Penandatanganan digelar di Hotel Grand Sahid Jakarta (30/9). (Dok. Pertamina NRE)
Gubernur Kaltim Isran Noor (tengah) dan Direktur Utama Pertamina NRE Dannif Danusaputro (kedua kiri) usai menandatangani kesepakatan kerja sama pengembangan proyek ekonomi Hijau di Kaltim. Penandatanganan digelar di Hotel Grand Sahid Jakarta (30/9). (Dok. Pertamina NRE)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menandatangani kesepakatan kerja sama pengembangan Proyek Ekonomi Hijau di Kalimantan Timur.

Kesepakatan ini ditandatangani oleh Gubernur Kaltim Dr. H. Isran Noor dan Direktur Utama Pertamina NRE Dannif Danusaputro di Hotel Grand Sahid Jakarta (30/9).

Maksud kesepakatan bersama ini adalah untuk menjajaki potensi kerja sama dengan tujuan mendukung transformasi ekonomi hijau di Provinsi Kalimantan Timur.

Diharapkan juga dengan kerjasama ini nantinya baik Pertamina maupun Provinsi Kalimantan Timur dapat mengembangkan aspek-aspek transisi energi di Indonesia.

Baca juga : BNPT Ajak Insan Kilang Pertamina Internasional Cegah Potensi Radikalisme

Termasuk pengembangan Natured Based Solution (NEBS) dan juga akan dilakukan pengembangan energi hijau dan kegiatan berkelanjutan yang ramah lingkungan lainnya.

Pertamina NRE sebagai motor transisi energi di Indonesia, telah menyelesaikan tahapan studi kelayakan (feasibility study) atas proyek NEBS di beberapa konsesi di Kalimantan dan akan memasuki tahapan komersialisasi.

Tidak hanya itu, Pertamina NRE juga semakin serius menggarap bisnis karbon dengan menjadi penyedia utama dan terbesar dalam bursa perdagangan karbon yang baru diresmikan Presiden RI Joko Widodo 26 September lalu.

“Dengan kerjasama ini, kami harapkan dapat menjadi milestone untuk proyek ekonomi hijau dan NEBS di Kalimantan Timur. Kami berharap kolaborasi Pertamina NRE dan Pemprov Kaltim menjadi kerja sama yang solid dan tahapan selanjutnya dapat kami lakukan dengan konkret,” ujar Dannif Danusaputro.

Baca juga : Kapolri Siapkan Jurus Jitu

NEBS merupakan solusi untuk memitigasi perubahan iklim melalui pengelolaan dan pemanfaatan alam secara berkelanjutan.

Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan mencegah ataupun mengurangi deforestasi dan melakukan reforestasi.

“NEBS menjadi salah satu satu sumber untuk menghasilkan kredit karbon yang dapat diperdagangkan” tambah Dannif.

Isran Noor menyambut baik kerja sama ini. Pihaknya berharap kerja sama ini dapat bermanfaat, baik bagi masyarakat Kalimantan Timur, maupun Indonesia secara keseluruhan.

Baca juga : Jokowi Siap Bawa Isu Pertumbuhan Ekonomi

Kerjasama strategis ini diharapkan dipantau dan dikawal bersama, dan diharapkan dapat untuk disegerakan pelaksanaannya karena dunia membutuhkan untuk menghadapi pemanasan global.

“Harus dimulai dari sekarang, jangan sampai terlambat dan kerjasama ini harus segera diimplementasikan dengan tindakan nyata karena potensi kita besar sebagai pemilik hutan tropis terluas” tambah Isran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.