Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Ancaman Kebakaran Hutan Dan Lahan

Kapolri Siapkan Jurus Jitu

Senin, 4 September 2023 07:30 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melaksanakan kunjungan kerja di wilayah hukum polda Kalbar, Sabtu (2/9/2023). (Foto: Humas Polda Kalbar)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melaksanakan kunjungan kerja di wilayah hukum polda Kalbar, Sabtu (2/9/2023). (Foto: Humas Polda Kalbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajaran siap menghadapi puncak El Nino.

Menurut Sigit, potensi ancaman bencana yang paling memungkinkan saat terjadi anomali cuaca seperti saat ini adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Pemadaman api secara kon­vensional maupun water boombing juga bisa dilakukan. Karena memang, tidak bisa berbuat apa-apa tanpa adanya sumber air,” kata Kapolri dalam keterangan resminya saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat, kemarin.

Baca juga : Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Aplikasi Penghasil Uang

Sigit mengajak unsur-unsur terkait untuk mulai meningkat­kan kewaspadaannya terhadap ancaman karhutla.

Kerja sama antar pemangku kepentingan selama ini harus terus dipertahankan.

“Karena hotspot bisa dikenda­likan dengan kerja sama dan dari kesiapan sumber air yang ada. Bantuan dari pusat jika ada titik-titik untuk dimodifikasi cuaca bisa dilakukan agar segera ada hujan agar air cepat bisa kembali menggenang dan sumber air cu­kup,” tuturnya.

Baca juga : KTT ASEAN, AP II Pastikan Keamanan Dan Layanan Di Bandara Soetta

Sigit juga meminta semua pi­hak segera mengatasi karhutla. Khususnya, di wilayah yang dekat dengan bandara. Hal ini di­lakukan agar tidak mengganggu penerbangan.

“Semua pihak mengutamakan pencegahan karhutla. Jika su­dah terjadi kebakaran, semua peralatan atau sarana prasarana dipersiapkan dengan baik,” im­bau eks Kabareskrim Polri ini.

Sigit menjelaskan, persoalan karhutla bisa diatasi secara mandiri atau menggunakan dana hibah Community Social Responsibility (CSR) dari peru­sahaan swasta.

Baca juga : Wapres Ingatkan Kerawanan Kampanye Di Kampus

Selain itu, semua pihak juga diminta melakukan evaluasi terkait karhutla yang menjadi momok dari tahun ke tahun.

Ia menilai, hal ini sangat di­perlukan, agar jika nantinya menghadapi El Nino, jajaran selalu siap mengantisipasi ter­jadinya karhutla.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.