Dark/Light Mode

Ingin Jadi Anggota OECD

Indonesia Menuju Negara Maju

Minggu, 15 Oktober 2023 07:10 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Selain mempersiapkan roadmap tersebut, Indonesia juga sudah menjalankan berbagai perjanjian internasional seperti dalam proses Indo Pacific Economy Framework (IPEF) dan berbagai kerja sama dengan Uni Eropa.

Berbagai best practice yang sudah dilakukan, kata Airlangga, juga sukses menjadi stimulus bagi para investor di Indonesia mena­namkan modal di Tanah Air.

Berdasarkan survei terakhir di antara negara ASEAN kata Airlangga, Indonesia adalah negara dengan profit relatif lebih dari dari negara lain.

Baca juga : Yusril Disebut Jadi Jalan Tengah bagi Prabowo di Koalisi Indonesia Maju

“Jadi ini menjamin investasi di Indonesia aman dan mem­berikan return rata-rata terbaik dibandingkan negara ASEANlainnya,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Golkar itu juga memastikan, manfaat utama dari keanggotaan Indo­nesia di OECD adalah memper­baiki standar kebijakan ekonomi negara, sehingga mampu men­jadi negara maju.

Dikatakan, pendapatan per kapita Indonesia tahun depan diharapkan bisa mencapai 5.500 dolar AS, sehingga standar-standar yang diberlakukan di OECD menjadi bench mark dan best practices.

Baca juga : Prabowo Kembali Aktifkan 14 Pos Perbatasan Indonesia Dengan Malaysia

“Kalau pendapatan per kapita Indonesia sudah di atas 10.000 dolar AS, pasti rakyat semakin sejahtera,” ucap Airlangga.

Airlangga juga memastikan, dengan menjadi anggota OECD, bisa membuat Indonesia lepas dari jebakan negara berpenda­patan menengah atau middle income trap.

Selain itu, keberadaan Indo­nesia di OECD juga mampu membuat daya tarik investasi ke dalam negeri makin besar. Karena OECD menjadi organisasi dunia yang bergengsi, jadi investment flow akan lebih ce­pat.

Baca juga : Sore Ini Kaesang Jumpa Prabowo di K4, PSI Jadi Gabung Koalisi Indonesia Maju?

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 15/10/2023 dengan judul Ingin Jadi Anggota OECD, Indonesia Menuju Negara Maju

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.