Dark/Light Mode

47 Pebisnis Amerika Latin Dan Karibia Ikut Forum Bisnis INA-LAC 2023

Selasa, 17 Oktober 2023 17:12 WIB
Forum bisnis Indonesia dan Amerika Latin atau INA-LAC Business Forum 2023. (Foto
Forum bisnis Indonesia dan Amerika Latin atau INA-LAC Business Forum 2023. (Foto

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyelenggarakan forum bisnis Indonesia dan Amerika Latin atau INA-LAC Business Forum 2023.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Mansury, di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (17/10/2023). 

Tercatat 47 pelaku bisnis dari 11 negara di Amerika Latin dan Karibia akan berpartisipasi pada INA-LAC Business Forum 2023 secara langsung. 

Baca juga : OSO Minta Srikandi Dan Lasmura Rebut Suara Milenial

Pahala mengatakan INA-LAC Business Forum Tahun 2022 telah memperoleh berbagai hasil positif. "Dihadiri oleh sekitar 500 partisipan, dengan angka transaksi senilai 16,57 juta dolar AS dan potensi transaksi hingga 162,48 juta dolar AS,” kata Pahala.

INA-LAC 2023 juga dihadiri pengusaha Indonesia, perwakilan pemerintah, akademisi, dan asosiasi bisnis.

Pahala mengusulkan tiga pilar dalam acara itu, guna memperkuat hubungan mengintensifkan interaksi bisnis antara kedua kawasan. Tiga pilar tersebut yakni Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Isu Strategis yang berfokus pada berbagai aspek penting dalam hubungan kedua kawasan seperti keamanan pangan, mineral kritis, perubahan iklim, dan diskriminasi perdagangan.

Baca juga : 24 Penulis Buku Terbaik Raih Penghargaan dari Perpusnas

Pahala juga mengumumkan INA-LAC Business Forum 2024 akan diselenggarakan di Lima, Peru. "INA-LAC Business Forum 2024 akan diselenggarakan di Lima, Peru, memanfaatkan momentum penyelenggaraan KTT APEC," ujarnya. 

INA-LAC 2023 juga dibuka Menteri Pertanian Meksiko Victor Villalobos, dan Koordinator Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri dari Kadin Indonesia, Shinta W. Kamdani. 

Dalam pembukaan, terdapat juga penandatanganan MoU kerja sama antara Kadin Indonesia dan Kamar Dagang Meksiko (COMCE). Selain itu juga dilakukan penyerahan MoU kerja sama BPOM dengan Komisi Federal untuk Perlindungan Dari Risiko Sanitasi Meksiko (COFEPRIS) yang telah ditandatangani secara sirkular oleh BPOM.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.