Dark/Light Mode

Biaya Makan Rp 10 Juta, Turis Jepang Lapor Polisi

Jumat, 22 September 2023 06:29 WIB
Ilustrasi menu kepiting Alaska dengan cabe yang dipesan Junko Shinba dan temannya di Singapura, bulan lalu. (Rey Lopez for The Washington Post via Getty Images)
Ilustrasi menu kepiting Alaska dengan cabe yang dipesan Junko Shinba dan temannya di Singapura, bulan lalu. (Rey Lopez for The Washington Post via Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Turis Jepang bernama Junko Shinba baru-baru ini bikin heboh restoran seafood di Singapura. Gara-gara menerima tagihan makanan, bulan lalu, sebesar 680 dolar AS atau sekitar Rp 10,46 juta, Shinba menelepon polisi. Ia merasa tertipu.

Dilansir media online Asia One, Selasa (19/9), Shinba dan ketiga temannya memesan kepiting raja Alaska dengan cabe. Kepiting musiman itu harganya mencapai 20 dolar AS atau sekitar Rp 307 ribu per 100 gramnya.

Baca juga : Awal Pekan, Rupiah Dibuka Tak Bersemangat

Kepada polisi, Shinba mengaku, dia dan teman-temannya tidak diberi tahu berapa berat total kepiting yang dipesannya sebelum dimasak. Menurutnya, mereka mendapatkan hidangan kepiting dalam jumlah lebih banyak dari yang bisa mereka makan, yaitu sekitar 3.500 gram. Dengan jumlah pesanan itu, mereka dikenakan biaya 680 dolar AS atau sekitar Rp 10 juta.

“Kami semua terdiam mengetahui bahwa satu makan malam untuk empat orang dewasa menghabiskan biaya sebesar itu,” ujar Shinba.

Baca juga : Pria Mabuk Telepon Polisi

Setelah berdiskusi dengan polisi pariwisata Singapura, restoran itu pun memutuskan memberikan potongan harga sebesar 78 dolar AS (Rp 1,2 juta). Kasus ini selesai dengan damai, setelah Shinba dan teman-temannya membayar sisa tagihan mereka. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.