Dark/Light Mode

Serap Investasi Rp 1.299,41 Triliun

Airlangga: 170 PSN Tuntas

Sabtu, 7 Oktober 2023 07:10 WIB
Menteri Koordina­tor (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordina­tor (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mencatat, 170 Proyek Strategis Nasional (PSN) rampung digarap hingga 4 Oktober 2023. Nilai investasi yang terserap dari proyek tersebut sebesar Rp 1.299,41 triliun.

“Selain 170 PSN yang sudah tuntas, juga terdapat 61 proyek yang masih dalam tahap konstruksi,” kata Menteri Koordina­tor (Menko) Bidang Perekono­mian Airlangga Hartarto.

Baca juga : BNI Salurkan Kredit Investasi Senilai Rp 1,2 Triliun Revitalisasi Hotel Di KEK Sanur

Airlangga menjelaskan, sampai 4 Oktober 2023, ada 17 proyek yang rampung dan nilainya mencapai Rp 259,41 triliun. Proyeknya mulai dari jalan tol, pelabuhan dan High- Speed Train Jakarta-Bandung.

Kemudian, proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) dan berba­gai kawasan industri, berbagai bendungan, Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Serpong-Cinere dan Tol Pasuruan.

Baca juga : Sayap Indonesia Canangkan 10 Juta Suara Untuk Prabowo

Selain itu, terdapat 16 proyek yang belum diresmikan dan akan selesai dengan nilai investasi mencapai Rp 179,46 triliun.

Proyek tersebut mencakup Jalan Tol Kisaran-Tebing Tinggi, Pelabuhan Likupang, Makassar New Port, Liquefied Natural Gas (LNG) Train 3 di Papua Barat, Proyek Satelit Multifungsi, Proyek Tangguh LNG, serta be­berapa bendungan lainnya.

Baca juga : Potensi Bursa Melebihi Rp 3.000 Triliun, Indonesia Bisa Jadi Poros Karbon Dunia

Ketua Umum Partai Golkar itu juga menyampaikan, masih terdapat 25 PSN dengan nilai investasi Rp 151,58 triliun yang akan selesai hingga 20 Oktober 2024, baik jalan tol, kawasan industri, bandara, Benoa Tourism serta kampus Universitas Islam.

Sedangkan, antara 20 Oktober hingga Desember 2024 akan terdapat 12 PSN dengan nilai mencapai Rp 23,45 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.