Dark/Light Mode

Genjot Transformasi Digital, Hutama Karya Catat Pertumbuhan Pendapatan

Senin, 23 Oktober 2023 21:29 WIB
Hutama Karya mengakselerasi transformasi digital untuk merespon disrupsi teknologi. (Foto: Dok. Hutama Karya)
Hutama Karya mengakselerasi transformasi digital untuk merespon disrupsi teknologi. (Foto: Dok. Hutama Karya)

 Sebelumnya 
"Sasaran utama dalam transformasi digital ini, adalah mengedepankan value creation, business process excellency dan inovasi, melalui pengembangan digital capability, management support yang berkelanjutan," bebernya.

Menurutnya, salah satu aspek utama dalam transformasi digital adalah adanya digital mindset sebagai langkah fundamental dalam mentransformasi kapabilitas digital perusahaan dalam berbagai aspek.

Yakni, meliputi digitalisasi pada sektor konstruksi, sektor jalan dan jalan tol dan supporting process yang dilakukan untuk menunjang perbaikan kinerja perusahaan.

Tak hanya itu, dalam rangka mengukur kesiapan transformasi menuju industri 4.0, pihaknya turut mengikuti Asesmen Readiness INDI 4.0 yang merupakan indeks acuan bagi industri dan Pemerintah.

Baca juga : Genjot Transformasi Digital, BSI Raih Penghargaan Internasional

Rangkain transformasi digital ini pun telah diakui secara internasional, melalui penghargaan “The 2023 Going Digital Awards in Infrastructure Founder’s Honoree”, pada Year in Infrastructure (YII) Going Digital Awards 2023 untuk kategori Subsurface Modelling & Analysis, di Singapore, Kamis (12/10).

Tjahjo menyampaikan, pada kompetisi tahunan yang diselenggarakan perusahaan perangkat lunak Bentley System USA ini, terdiri dari 300 proyek dari 235 perusahaan dari 51 negara sebagai peserta.

Di ajang ini, pihaknya mengusung implementasi sejumlah digitalisasi konstruksi pada Proyek Jalan Tol IKN 3A, segmen Karangjoang-Kariangau, berjudul “Geotechnical Engineering to Support Sustainability in “Nusantara” City at IKN Toll Road 3A”.

Proyek tersebut, kata dia, menghadapi tantangan berupa kondisi lahan yang berkontur dan terdapat pekerjaan galian yang mencapai kedalaman 30 meter (m). Serta, berlokasi di transmission tower utama penyedia suplai listrik Kalimantan Timur.

Baca juga : Generasi Bijak Berdigital, Butuh Tata Krama Bermedsos

"Di situasi ini, memiliki potensi menimbulkan kerusakan pada transmission tower 150 kilo volt (KV) jika terjadi kegagalan. Bahkan, dapat memicu paralisis perekonomian akibat pengurangan suplai listrik sebesar 24 megawatt (MW) untuk wilayah tersebut," jelasnya.

Karenanya, diperlukan metode kerja yang tepat untuk mempercepat pembangunan dengan target penyelesaian pada tahun 2024.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, paska pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, digitalisasi menjadi hal yang penting dalam menunjang keberlanjutan bisnis, termasuk bisnis di bidang konstruksi.

Menurutnya, percepatan teknologi menuntut semua pihak untuk bergerak cepat, termasuk soal data-data.

Baca juga : Dianggap Pemimpin Merakyat, Para Ketua Adat Papua Beri Dukungan Kepada Ganjar

“Teknologi dapat mempermudah segala aktivitas, termasuk kebutuhan data-data masyarakat untuk kepentingan program Pemerintah, hingga Artificial Intelligence (AI)," ujar Erick dalam peresmian pembukaan ASEAN Indo-Pasific Forum di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Erick menambahkan, di dalam blueprint BUMN, seluruh riset dikembalikan ke universitas dan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.