Dark/Light Mode

PPN Properti Bakal Ditanggung Pemerintah

Jokowi Tenang, Kalau Senyum Sri Mulyani Masih Terkembang

Selasa, 24 Oktober 2023 13:34 WIB
PPN Properti Bakal Ditanggung Pemerintah Jokowi Tenang, Kalau Senyum Sri Mulyani Masih Terkembang

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengaku tenang, jika melihat senyum terkembang dari wajah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. “Tapi, kalau sudah nggak ada senyumnya, kita mesti tanda tanya,” ujar Jokowi dalam acara pembukaan BNI Investor Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Di tengah situasi global penuh ketidakpastian seperti sekarang ini, Jokowi mengatakan, kita harus pandai berhitung dan main napas panjang. Endurance atau daya tahan, harus dikalkulasi dengan baik. Bisa tahan sampai kapan.

Baca juga : Senyuman Jokowi Di Subang, Harga Beras Mulai Turun

“Untuk APBN, saya cek sampai Oktober kemarin, Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani masih pegang uang Rp 616 triliun. Menurut saya, itu masih gede banget. Cukup untuk napas panjang 2024,” ujar Jokowi.

Jokowi bilang, kita harus bersyukur, karena perekonomian Indonesia masih tumbuh di atas 5 persen. Persentase depresiasi mata uang rupiah, juga masih aman. Baik untuk sektor riil, keuangan, dan inflasi.

Baca juga : Permintaan Dunia Menurun, IKI September Masih Ekspansi

"Kemarin, saya ketemu Gubernur BI dan Ketua OJK, saya tanya soal pertumbuhan kredit. Ternyata, ada di angka 8,69 persen. Ini angka yang cukup baik," ucap Jokowi. 

Hari ini, kata Jokowi, pemerintah akan menggelar rapat untuk men-trigger pertumbuhan ekonomi. Pemerintah akan memberikan insentif untuk dunia properti, perumahan untuk menjaga momentum ekonomi.

Baca juga : Jokowi: Bantuan Pemerintah Tidak Kecil, Rp 95 Miliar, Kalau Kurang Kita Tambah

"Kita akan putuskan, PPN ditanggung oleh pemerintah dan untuk perumahan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah, Red)," tutur Jokowi.

Presiden ke-7 RI ini juga mengaku happy, karena menurut laporan Menteri Keuangan, pajak tumbuh 5,69 persen dari baseline tahun lalu. "Ini artinya, bisnis jalan. Saya biasa cek di sini. Asal penerimaan pajak masih tumbuh, ekonomi kita masih baik," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.