Dark/Light Mode

Bijak Kelola Keuangan Di Usia Muda, Askrindo Ajak Gen Z Melek Asuransi

Rabu, 25 Oktober 2023 16:07 WIB
Webinar bersama Infobank yang mengusung tema Jadi Gen Z yang Melek Asuransi, Rabu (25/10). (Foto: Dok. Infobank)
Webinar bersama Infobank yang mengusung tema Jadi Gen Z yang Melek Asuransi, Rabu (25/10). (Foto: Dok. Infobank)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemahaman atau tingkat literasi masyarakat terutama di kalangan Gen Z terhadap asuransi meskipun mengalami kenaikan, namun sayang belum mampu mendorong mereka untuk memanfaatkan produk asuransi itu sendiri (inklusi).

Hal ini terlihat dari data Indeks Literasi Keuangan Nasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2022, mencatat literasi sektor perasuransian mengalami peningkatan sebesar 16 persen dari yang semula 15,8 persen pada 2016 menjadi 31,72 persen di tahun 2022.

Baca juga : Israel Mau Musnahkan Gaza, China Aja Sebel

Sementara, berdasarkan survei (Katadata tahun 2021) sebesar 46,2 persen, Gen Z hanya membeli barang yang dibutuhkan dan Gen Z juga lebih jarang mengalokasikan keuangannya untuk tabungan.

“Namun, hal tersebut hanya memperlihatkan hanya sebagian kecil masyarakat yang sudah terliterasi tetapi terdorong memanfaatkan produk asuransi,” kata Direktur Utama PT Askrindo Fankar Umran dalam Webinar bersama Infobank yang mengusung tema ‘Jadi Gen Z yang Melek Asuransi,’ Rabu (25/10).

Baca juga : Soal Kebijakan Kemasan Pangan, Indonesia Diminta Tak Jiplak Negara Lain

Untuk itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan penetrasi asuransi khususnya kepada Gen Z atau anak muda di usia 18-25 tahun.

Fankar menekankan pentingnya memberikan kesadaran mengelola keuangan dengan bijak di usia muda. Menurutnya, kalangan Gen Z masih banyak yang belum memahami dengan benar bagaimana cara pengelolaan keuangan mereka, apalagi memilih asuransi sebagai opsi.

Baca juga : Bulan Inklusi Keuangan 2023, Askrindo Ajak Media Melek Asuransi

“Disini Askrindo mengajak teman-teman usia muda agar melek asuransi sehingga tahu pentingnya cara memproteksi diri, serta memproteksi asset-asset yang mereka miliki dari resiko seperti kecelakaan diperjalanan maupun kebakaran rumah,” ujar Fankar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.