Dark/Light Mode

Peta Keberlanjutan Yang Diusung Danone Sasar Produk, Lingkungan Hingga Pekerja

Kamis, 26 Oktober 2023 21:03 WIB
Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh di Kompas CEO Forum 2023, di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (23/10).
Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh di Kompas CEO Forum 2023, di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (23/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya pengembangan bisnis berkelanjutan memungkinkan pelaku sektor bisnis mengurangi dampak lingkungan, menghemat biaya, meningkatkan reputasi, dan menciptakan peluang pasar baru. 

Pengembangan bisnis berkelanjutan ini juga menjadi komitmen Danone Indonesia agar berdampak pada kesehatan banyak orang melalui produk hidrasi sehat dan nutrisi ibu dan anak untuk membangun Indonesia Emas 2045.

Komitmen ini turut menjadi bahan diskusi bersama pemimpin dari berbagai industri di Indonesia pada Kompas CEO Forum 2023, Senin (23/10) di Hotel Shangrila, Jakarta. 

Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan menyinggung tentang konsep bisnis ESG, yakni Environmental, Social, and Governance. 

Asal tahu saja, ESG adalah konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi maupun bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan tiga kriteria yaitu lingkungan, sosial serta tata kelola.

Baca juga : Pembiayaan Berkelanjutan Capai Rp 52,6 T, BSI Dukung Indonesia Bebas Emisi Karbon

Nurul mengatakan tema ESG sangat relevan dengan kondisi saat ini. Gerakan bisnis hijau dan sirkuler, terangnya merupakan norma baru yang dianut para pelaku usaha secara global, dan harus diketahui para pelaku usaha Indonesia. 

"Tidak hanya komitmen secara global melalui kesepakatan PBB, para pelaku usaha juga memiliki komitmen yang sama dalam mewujudkan zero emission," kata Nurul.

Selain itu, lanjutnya, market secara global hingga generasi muda juga sepakat untuk membeli produk dengan kontribusi karbonnya lebih rendah, meskipun harganya lebih mahal. 

Jadi pelaku usaha, komunitas dan masyarakat secara global, dan lembaga keuangan pun, memiliki keinginan yang sama dalam mewujudkan gerakan bisnis hijau”, jelasnya.

Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh mengatakan Danone komit mengedepankan kesehatan masyarakat. Tidak hanya melalui produk tetapi juga melalui inisiatif keberlanjutan. Danone Indonesia mewujudkan komitmen tersebut dengan peta keberlanjutannya Danone Impact Journey (DIJ).

Baca juga : Ganjar Dihadiahi Patung Nusantara, Lukisan Hingga Dibuatkan Lagu

Dalam menjalankan aksi keberlanjutan, Danone Indonesia berupaya memberikan dampak pada kesehatan, kelestarian lingkungan dan dampak positif bagi komunitas baik dalam aspek karyawan maupun masyarakat secara luas.  

Di Danone Indonesia, terangnya, ESG dan keberlanjutan menjadi salah satu Key Performance Indicator (KPI) yang diukur dalam perkembangan bisnisnya. Selain fokus pada keberlanjutan lingkungan, Danone Indonesia juga memperhatikan keberlanjutan karyawannya.

“Salah satunya dengan menerapkan Positive Water Balance, di mana air yang akan kita kembalikan ke lingkungan harus lebih besar dari air yang kami gunakan dan kami memastikan selalu diukur secara independen, salah satunya oleh BRIN," tutur Vera Galuh.

Pihaknya juga menjalankan ESG kepada internal yang fokus terhadap kesehatan karyawan. Caranya dengan mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan di tempat kerja. Komit membangun tempat kerja yang inklusif, serta menjadi perusahaan yang ramah keluarga. 

"Sejak tahun 2016, kami memberlakukan kebijakan cuti melahirkan 6 bulan untuk para ibu dan 10 hari kerja untuk para ayah," ungkapnya.

Baca juga : Sekjen LHK: Sektor Kehutanan dan Lingkungan Hidup Harus Terintegrasi

Lewat kebijakan ini, Vera Galuh percaya, manusia unggul harus bisa dapat dipastikan keberlanjutannya.

"Memberi mereka kesempatan untuk mencurahkan perhatian dan  memberikan yang terbaik bagi anak mereka dan generasi selanjutnya sejak mereka lahir," tandasnya.

Danone Indonesia juga fokus mendukung penurunan angka stunting di Indonesia. Dalam hal ini, Danone Indonesia memiliki payung gerakan bernama “Bersama Cegah Stunting” yang dikembangkan bersama multi stakeholder dan telah menjangkau lebih dari 4.5 juta penerima manfaat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :