Dark/Light Mode

Laporan Dari Jepang

Toyota Beberin Tantangan Industri Komponen Otomotif

Sabtu, 28 Oktober 2023 18:32 WIB
Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam. (Foto: Ist)
Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, industri komponen menghadapi beberapa tantangan. Selain melemahnya rupiah, industri ini juga kena dampak melonjaknya harganya bahan baku. 

“Pelemahan rupiah berdampak pada harga bahan baku,” ujarnya ditemui usai acara Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum di Nagoya Garden Space, Nagoya, Jepang, Jumat (27/10/2023).

Sementara, di sisi lain, daya beli masyarakat melemah. Karena itu, industri komponen menghadapi tantangan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Baca juga : Kemenperin: Industri Otomotif Sektor Prioritas Di Indonesia Dan Pahlawan Devisa

Dia berharap, forum bisnis ini bisa membantu meningkatkan daya saing industri komponen. Pasalnya, industri komponen Indonesia bisa melihat teknologi industri yang ada di Jepang.

“Mereka bisa menerapkannya di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas," ujarnya.

Selain itu, industri komponen bisa melakukan kerja sama dengan industri yang ada di Jepang. Diharapkan, kerja sama tersebut bisa menpercepat melokalkan komponen-komponen yang masih di produksi di Jepang.

Baca juga : Bekal Penting Penguji Kompetensi Wartawan

“Mereka bisa kerja sama mengembangkan komponen-komponen yang berkaitan dengan elektrifikasi,” katanya.

Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum digelar oleh KBRI Tokyo, Kementerian Perindustrian dan Bank Indonesia dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Acara ini juga didukung oleh Toyota, BKPM, MUFG, JAPIA.

Hadir dalam acara ini Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transformasi dan Elektronik (Ilmate) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Taufik Bawazier dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Hadir juga Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, Ketua Gabungan Alat Industri Mobil dan Motor (GIAMM) Hamdhani Salim, Managing Executive Officer MUFG Masashi Onodera dan Vice Governor of Aichi Prefecture, Furumoto Shinichiro.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.