Dark/Light Mode

Laporan Dari Jepang

Wapresdir TMMIN: Bisnis Forum RI-Jepang Jadi Ajang Transfer Teknologi

Sabtu, 28 Oktober 2023 18:35 WIB
Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam. (Foto: Ist)
Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, acara Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum bisa jadi ajang transfer teknologi dari perusahaan Jepang ke industri komponen Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Bob saat ditemui usai acara forum bisnis itu di Nagoya Garden Space, Nagoya, Jepang, digelar Jumat (27/10/2023)

“Kita berharap acara ini bisa tingkatkan kerja sama dan transfer teknologi,” ujarnya.

Baca juga : Toyota Beberin Tantangan Industri Komponen Otomotif

Menurut dia, bisnis forum juga membantu memperluas pasar industri komponen dalam negeri. Sehingga mereka tidak hanya memasol dalam negeri, tapi juga pasar ekspor.

“Jadi fungsi mereka tuh sebagai hub untuk ekspor dari UMKM ke pasar internasional," tambahnya.

Sebelumnya, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transformasi dan Elektronik Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufik Bawazier mengatakan, industri otomotif adalah sektor prioritas dan pahlawan devisa Indonesia. Saat ini, sektor otomotif terus ekspansi dan menguatkan rantai pasoknya dari hulu hingga hilir. 

Baca juga : Pasarnya Besar, Wagub Aichi Dorong Industri Otomotif Jepang Investasi Ke RI

“Kami berharap, dari acara forum bisnis ini adanya transfer pengetahuan dan teknologi dari industri otomotif Jepang ke Indonesia untuk menjawab tantangan industri otomotif ke depan,” katanya.

Indonesia-Japan The 2nd Autoparts Business Forum digelar oleh KBRI Tokyo, Kementerian Perindustrian dan Bank Indonesia dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Acara ini juga didukung oleh Toyota, BKPM, MUFG, JAPIA.

Hadir dalam acara ini Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transformasi dan Elektronik (Ilmate) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Taufik Bawazier dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Hadir juga Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, Ketua Gabungan Alat Industri Mobil dan Motor (GIAMM) Hamdhani Salim, Managing Executive Officer MUFG Masashi Onodera dan Vice Governor of Aichi Prefecture Furumoto Shinichiro.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.