Dark/Light Mode

Literasi Digital Bisa Dorong ASN Di Sumbar Adaptasi Teknologi

Selasa, 30 Agustus 2022 18:49 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 2021, disebutkan, Indonesia masih berada dalam kategori Sedang' dengan angka 3,49 dari 5,00. Berdasarkan data tersebut, literasi digital sangat diperlukan bagi masyarakat.

Kemenkominfo dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri) menyelenggarakan kegiatan literasi digital sektor pemerintahan untuk ASN di Provinsi Sumatera Barat yang dihelat di Hotel Santika Premiere, Kota Padang pada 15-19 Agustus 2022.

Baca juga : Kemenhub Dorong Sistem Pembayaran Transportasi Berbasis Akun

Total peserta sebanyak 24 ribu ASN se-Provinsi Sumbar mengikuti acara yang dilaksanakan secara hibrid tersebut. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar, Hansastri menyampaikan, ASN di Sumbar sudah memiliki aplikasi untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat.

Meski begitu, masih dibutuhkan pengembangan SDM untuk mengimplementasikan aplikasi tersebut.

Baca juga : Sandiaga Promosikan Aplikasi Belanja Anoa

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi ASN di Provinsi Sumatra Barat, mendorong ASN untuk mengenal dan mengadaptasi teknologi digital untuk melayani masyarakat berdasarkan empat pilar yang diterapkan, yaitu budaya digital, kemampuan digital, etika digital, dan keamanan digital," ujar Hansatri, seperti keterangan yang diterima RM.id, Selasa (30/8).

Sementara, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto menerangkan, kegiatan itu diadakan tidak hanya untuk memenuhi kewajiban ASN dalam kegiatan pengembangan kompetensi, tetapi juga untuk meningkatkan kompetensi ASN di bidang digital untuk menunjang pelayanan publik.

Baca juga : Ekpansi Bisnis, Startup Dagangan Pasok Sembako Sampai Pelosok Desa

"Tugas kita sebagai ASN ini adalah membuat konten-konten kreatif yang mendidik dan diharapkan dapat membantu produktivitas masyarakat. Yang harus membanjiri ruang digital itu adalah konten-konten positif yang membangun," kata Bonifasius.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.