Dark/Light Mode

Dampingi Jokowi Serahkan Bantuan Pangan

Agus Fatoni Jamin, Stok Beras di Sumsel Aman Hingga 5 Bulan ke Depan

Sabtu, 28 Oktober 2023 21:47 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan bantuan pangan di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (26/10). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi menyerahkan bantuan pangan di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (26/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi didampingi Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meninjau persediaan pangan, terutama beras. Peninjauan ini dilakukan di Gudang Bulog Sukamaju, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (26/10).

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi juga menyerahkan bantuan pangan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jokowi menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah tengah merancang skema pemberian bantuan pangan cadangan beras untuk tahun mendatang.

“Nanti di Januari, Februari, Maret, 10 kilogram, 10 kilogram, 10 kilogram, setuju nggak? Dengan catatan APBN-nya nanti mencukupi. Jadi kita berdoa bersama kalau APBN-nya mencukupi, nanti Januari langsung. Januari, Februari, Maret,” ucap Jokowi.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Berikan Bantuan Penerangan Jalan Di Desa Genggangtani

Pada akhir tahun 2023, Jokowi menyebut, Pemerintah telah menyiapkan bantuan sosial berupa uang tunai sejumlah Rp 400 ribu kepada para penerima. “Nanti di November, di Desember, tolong rekening ibu-ibu dilihat ada tambahannya nggak. Karena akan kita transfer, insya Allah Rp 200 (ribu), Rp 200 (ribu), berarti Rp 400 ribu,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Agus Fatoni menjamin, stok beras Sumsel dalam kondisi cukup. Dia memastikan, stok tersebut akan aman selama 4 hingga 5 bulan ke depan. Sebagai informasi, stok beras untuk Sumsel dan Babel mencapai 23.200 ton. "Stok di Sumsel sangat cukup dan aman hingga 4-5 bulan ke depan," tegasnya.

Pimpinan Wilayah Bulog Sumsel dan Babel, Mohammad Alexander menambahkan, bantuan yang disalurkan Bulog pada setiap bulannya mencapai 5.820 ton untuk alokasi 582 ribu KPM. Untuk tahap I, Maret, April, dan Mei sudah selesai 100 persen.

Baca juga : Cara Beli Materai Elektronik, Cek Keaslian Hingga Cara Bubuhkan Ke Dokumen

“Tahap II, September, Oktober juga sudah 100 persen. Tinggal menyelesaikan penyaluran November yang diawali pada hari ini oleh Presiden," ujarnya.

Menurutnya, untuk pelaksanaan bantuan pada Desember mendatang, pihaknya masih akan menunggu instruksi pemerintah. "Pada intinya kami siap untuk menyalurkan beras, meskipun pada Desember nanti akan ada bantuan serupa," ungkapnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kesempatan tersebut antara lain Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni, dan Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.