Dark/Light Mode

Anggota DPRD Kota Bandung Iwan Hermawan Dukung Pesta Rakyat Berbasis UMKM

Minggu, 29 Oktober 2023 22:52 WIB
Pesta rakyat berbasis UMKM, Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)
Pesta rakyat berbasis UMKM, Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam mendorong dan menumbuhkan UMKM, warga Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, menggelar pesta rakyat berbasis UMKM di kawasan RW 06. Acara ditutup dengan penampilan meriah band indie, Sunday Eleven.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Iwan Hermawan hadir untuk memeriahkan acara tersebut. Menurut pria lulusan Studi Akuntansi Universitas Padjadjaran ini, acara pesta rakyat ini bisa membantu tumbuh kembangnya UMKM di Kota Kembang.

"Saya sangat men-support sekali acara ini. Terlebih acara ini diselenggarakan dengan melibatkan usaha-usaha rakyat," katanya.

Ia juga berharap, acara pesta rakyat berbasis UMKM lokal ini bisa menular ke sudut-sudut kota lainnya. "Agar UMKM-UMKM yang ada di Kota Bandung bisa terus menggeliat. Agar bisa naik kelas, wakil rakyat juga akan men-support-nya," tutupnya.

Baca juga : Gandeng Amartha, BNI Dukung Digitalisasi UMKM Go Global

Lurah Cibangkong Asep Supriatna mengatakan, Cibangkong adalah kampungnya UMKM yang ada di Kota Bandung. Oleh karenanya, giat diselenggarakan dengan melibatkan pelaku-pelaku UMKM lokal.

"Inisiator pesta rakyat ini adalah, pemuda yang tergabung di Karang Taruna. Pihak kelurahan men-support dan memfasilitasinya saja," katanya.

Asep mengucapkan terimakasih karena Iwan Hermawan, anggota DPRD Kota Bandung bisa datang untuk mendukung acara ini. "Harapannya UMKM yang ada di kelurahan ini bisa sukses, ekonominya meningkat, yang pada akhirnya membantu membuka lapangan pekerjaan bagi warga-warga sekitarnya," harapnya.

Selain itu, Asep juga mengatakan, acara juga diisi dengan pembagian hadiah profil RW. Juara satu RW 13 dengan ketua Cecep Salahudin, Juara dua RW 06 dengan ketua Nanang Rustaman, dan Juara tiga RW 07 dengan ketua Andri Kusuma.

Baca juga : Sahabat Ganjar Bareng Kawan Juang GP Gelar Sholawat Kebangsaan

Asep mengatakan, pembuat profil RW terbaik diberikan hadiah. Karena, keberadaan profil RW sangat dibutuhkan, tidak hanya oleh Pemerintah Kota tetapi juga akademisi, maupun masyarakat umum, dalam upaya pembangunan.

Ketua RW 06 Cibangkong Nanang Rustaman mengatakan, giat pesta rakyat berbasis UMKM ini melibatkan 13 UMKM terbaik yang ada di tingkat kelurahan Cibangkong. “Kelurahan Cibangkong ini, punya 13 RW jadi masih-masing RW mengirimkan satu wakilnya," katanya.

Wakil Ketua Karang Taruna RW 06 Angga P menambahkan, total UMKM yang ikut terlibat memeriahkan pesta rakyat berbasis UMKM ini sebanyak 28. "Rinciannya, satu RW mengirimkan UMKM terbaiknya. UMKM ini bisa buka booth gratis tampa dipungut biaya," ujarnya.

Ada pun 15 UMKM berasal dari luar kelurahan. "Booth UMKM ini yang dikenakan biaya. Tapi nggak mahal, sebab niatnya agar masyarakat bisa bergembira," ungkapnya.

Baca juga : Relawan Nelayan Ganjar Tekankan Pentingnya Sanitasi Produk UMKM

Angga menjelaskan, acara pesta rakyat basis UMKM ini dibuka sejak pukul 07.00 WIB. Pembuka acaranya adalah Senam Akbar, dengan menghadirkan AA Bandung sebagai mentornya. Selain itu, ada tari-tarian anak dari Fungky Girl, Girl Squad, Alpic, Doorprize Baju, acara nyanyi menampilkan Agus Cibo, penampilan silat, juga ada kreasi seni RW 12 Borrow One Hundred.

"Acara ditutup dengan penampilan band indie ada Kota Bandung. Sunday Eleven Band. Acara band-nya sekitar jam 21.00 WIB. Pokoknya acaranya meriah semua," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.