Dark/Light Mode

Di Acara Groundbreaking Rute Velodrome-Manggarai

BKS Puji Proyek LRT Jakarta

Selasa, 31 Oktober 2023 07:10 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi Direktur Jenderal Dirjen) Perkeretaapian Kementerian 
Perhubungan Risal Wasal (kanan) dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono (kiri) usai melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai, Senin (30/10/2023). Groundbreaking dilakukan di depan Stasiun Velodrome, Pulo Gadung, Jakarta Timur. (Foto: Instagram Budi Karya Sumadi)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi Direktur Jenderal Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal (kanan) dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono (kiri) usai melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai, Senin (30/10/2023). Groundbreaking dilakukan di depan Stasiun Velodrome, Pulo Gadung, Jakarta Timur. (Foto: Instagram Budi Karya Sumadi)

 Sebelumnya 
“Pak Gubernur tidak akan menyia-nyiakan jabatan satu tahun. Harus menyelesaikan satu tahap. Kita ingat, awalnya MRT sudah belasan tahun tidak per­nah dimulai, tapi saat Presiden Jokowi itu dimulai,” ujar BKS.

Upaya Pemprov DKI Jakarta ini juga sesuai dengan arahan Jokowi yang ingin terus mengembangkan angkutan massal perkotaan di seluruh Indonesia.

Baca juga : Pembangunan LRT Fase 1B Velodrome-Manggarai Dimulai

“Saya bahagia sekali Pemprov DKI sangat concern ke masalah angkutan massal perkotaan. Ja­karta dapat menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia dalam pengembangan transportasi pub­lik,” jelas BKS.

Seiring dengan hal tersebut, dia mengajak Pemerintah Provinsi lain mengembangkan angku­tan umum untuk masyarakat di perkotaan. Pengembangan merupakan keharusan di tengah meningkatnya mobilitas masyarakat.

Baca juga : Jokowi Sedih Lihat Harga Beras

Menurutnya, pengembangan angkutan massal perkotaan semakin mendesak dilakukan, mengingat tingginya tingkat kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi.

“Saya imbau masyarakat ber­pindah ke angkutan massal. Dengan itu, lingkungan akan baik, kemacetan akan berkurang dan kerugian secara finansial akan hilang,” imbau Menhub.

Baca juga : Vietjet Obral Promo Super Deal Rute Langsung Jakarta-Hanoi

BKS juga berpesan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk merancang integrasi antarmoda pada masing-masing stasiun dengan baik.

Perencanaan integrasi antar­moda harus dilakukan dengan matang agar tidak mengganggu mobilitas pengguna.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.