Dark/Light Mode

Tekan Emisi Karbon, Toyota Jalankan Visi Mobility For All

Rabu, 1 November 2023 12:00 WIB
Kayoibako. (Foto: Ist)
Kayoibako. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Indonesia bertransformasi dari perusahaan kendaraan menjadi perusahaan mobilitas (mobility company) di 2018.

Di saat yang sama, Toyota secara Global telah menetapkan tujuan jangka panjang Toyota Environmental Challenge 2050, yaitu emisi kendaraan yang diproduksi di 2050 turun hingga 90 persen dibandingkan emisi di 2010. Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan tujuan jangka panjang dengan pemakaian energi terbarukan sekitar 30 persen di 2050 menuju total Net Zero Emission 2060.

Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, faktor penting yang membentuk Toyota Indonesia menjadi mobility company yang diperhitungkan adalah kemauan untuk belajar memahami kebutuhan pelanggan yang beragam dan kompleks. Melalui Total Mobility Solution, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan mobility solution yang dapat memenuhi keberagaman mobilitas pelanggan dengan mudah, aman, dan nyaman, serta dilengkapi sarana pendukung yang memadai.

Baca juga : Tingkatkan Keamanan Digital, TNI Aceh Prioritaskan Literasi Digital Prajurit

“Mobilitas yang ada juga sanggup memberikan solusi atas masalah sosial di masyarakat dan meningkatkan kontribusi pelanggan dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk generasi masa depan,” ujarnya.  

Pilihan eco friendly vehicle Toyota yang lengkap membuat pelanggan dapat berperan aktif dalam mengurangi emisi karbon dengan cara yang paling sesuai keinginan dan kemampuannya. Langkah yang paling dasar adalah aplikasi teknologi canggih seperti Dual VVT-i pada kendaraan bermesin konvensional (Internal Combustion Engine/ICE) untuk meningkatkan efisiensi karena berarti emisinya ikut turun.

“Dengan semangat No One Left Behind, Toyota memastikan seluruh pelanggan dapat berkontribusi menekan emisi kendaraan dan menurunkan konsumsi BBM fosil dengan mengembangkan Flex Fuel Technology pada mobil Toyota tanpa perlu mengubah apapun,” ujarnya.

Baca juga : Dukung Literasi Keuangan, BNI Genjot Aplikasi Mobile Banking

Saat ini beragam model Toyota sudah memiliki tipe dengan teknologi elektrifikasi sebagai flagship, di mana Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV menjadi kebanggaan karena diproduksi oleh anak bangsa. Toyota mulai menghadirkan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) RAV4 GR Sport PHEV yang lebih fleksibel dan BEV Toyota bZ4X untuk melengkapi pilihan xEV di Indonesia.

Hadirnya lineup lengkap kendaraan elektrifikasi ini juga didukung oleh fasilitas charging spot di 50 dealer untuk memenuhi kebutuhan charging baterai PHEV dan BEV Toyota. Fasilitas serupa juga mulai disediakan di parkiran mal dan rest area jalan tol untuk menambah jarak tempuh mobil listrik Toyota dan menjamin mobilitas tanpa rasa khawatir.

Di era Internet of Things (IoT), kata Henry, aplikasi mToyota membuat pelanggan selalu terhubung dengan produk dan layanan Toyota secara personal, mendukung mobilitas 24 jam penuh, dan menguatkan posisi Toyota sebagai mobility company. Fitur T Intouch di dalam aplikasi mToyota bertugas menghubungkan mobil dengan pemiliknya secara real time. Pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota dengan nyaman dan tanpa kendala, cukup dengan klik di layar ponsel.

Baca juga : Tekan Emisi Karbon, Kilang Pertamina Produksi Bioavtur-SAF

Tidak sekadar fokus pada ownership, Toyota merupakan pioneer usership kendaraan bermotor di Indonesia. KINTO hadir sebagai solusi ideal untuk pelanggan yang menginginkan kemudahan dalam menggunakan mobil tanpa perlu repot urusan pembelian dan perawatannya.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya berusaha menjalankan visi Mobility for All untuk mewujudkan netralitas karbon dan memperluas value dari solusi mobilitas Toyota di Indonesia. Pilar Electrfication & Carbon Neutrality dilakukan dengan menghadirkan pilihan lengkap kendaraan elektrifikasi dan teknologi ramah lingkungan lainnya termasuk memproduksi secara lokal supaya kian terjangkau masyarakat.

“Intelligence dijalankan dengan memberikan layanan lengkap berbasis internet yang membuat mobility solution Toyota berada di dalam genggaman tangan pelanggan. Diversification memberikan Toyota kesempatan untuk memperluas pasar, tidak hanya kendaraan penumpang namun juga kendaraan komersial yang terbukti menggerakkan roda perekonomian negara,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.