Dark/Light Mode

Tingkatkan Keamanan Digital, TNI Aceh Prioritaskan Literasi Digital Prajurit

Rabu, 25 Oktober 2023 09:17 WIB
Literasi digital Nasional antara Kominfo dan TNI di Hotel Amel Convention Hall, Kota Banda Aceh. (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Literasi digital Nasional antara Kominfo dan TNI di Hotel Amel Convention Hall, Kota Banda Aceh. (Foto: Dok. Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kemampuan pelacakan digital, TNI Aceh menempatkan pemberian penekanan pada literasi digital bagi anggota prajuritnya.

Dengan upaya pengembangan dalam keempat pilar literasi digital, diharapkan para anggota TNI dapat meningkatkan keamanan dan jejak digital.

Para prajurit TNI harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam berbagai aspek digital, yang perlu menjadi perhatian serius dalam menjaga kesiapan TNI di era digital.

Brigjen TNI Iwan Suwantri selaku Kapusinfolahta menekankan pentingnya pemahaman terhadap empat pilar literasi digital bagi anggota TNI.

Ia menegaskan bahwa pemahaman terhadap pilar-pilar ini sangat penting untuk menjaga integritas dan keamanan di ranah publik yang semakin terdigitalisasi. Serta, prajurit diwajibkan untuk menyebarkan informasi yang mereka peroleh.

Baca juga : Kemenkominfo dan Dharma Pertiwi Dorong Pemerataan Literasi Digital Bagi Masyarakat

Kegiatan ini merupakan kolaborasi program literasi digital nasional antara Kominfo RI dan TNI dalam rangka agar seluruh prajurit TNI menjadi melek digital dan penguatan NKRI” ujar Kepala Pusat Informasi Pengolah Data Tentara Nasional Indonesia di Hotel Amel Convention Hall, Kota Banda Aceh.

Pelaksanaan kegiatan Literasi Digital lanjutan secara tatap muka sesuai dengan surat perintah panglima TNI No.1937/X/2023 di Sabang dan Banda Aceh dimana kegiatan ini merupakan kolaborasi Program Literasi Digital Nasional antara Kominfo dan TNI dalam rangka agar seluruh prajurit TNI dapat menerapkan etika digital beserta dimensi yang lain.

“Materi akan disampaikan oleh para narasumber dari tim Kemenkominfo RI dan TNI, yang diutamakan dari perwira dan bintara atau yang sudah penuh mengikuti kegiatan literasi digital secara online," ujar Iwan dalam keterangannya, Selasa (24/10).

Iwan berharap, nantinya para peserta mampu dan dapat mengaplikasikan serta menularkan ilmu yang sudah di dapat kepada seluruh prajurit di satuan kerjanya masing-masing serta kepada keluarga besar TNI di wilayahnya.

Menurutnya, dalam era digital yang semakin maju, keterampilan digital menjadi aspek krusial yang harus dikuasai oleh semua individu, termasuk para prajurit TNI.

Baca juga : Budi Arie Kerek Literasi Digital

Sofian Lusa, seorang ahli dalam keterampilan dan kecakapan digital, menekankan pentingnya kemampuan untuk memilih, memahami, menganalisis, dan berpartisipasi dalam konten di dunia maya.

Sofian menyatakan, dunia maya, atau cyberspace, memiliki potensi besar dalam mengumpulkan data pribadi pengguna internet.

Namun, Sofian juga mengingatkan bahwa beberapa aktivitas dapat mengakses data yang dikirim oleh pengguna, sehingga perlu hati-hati dalam penggunaan teknologi.

Dia menjelaskan, beberapa negara telah melarang penggunaan jenis smartphone tertentu di beberapa instansi rahasia karena potensi akses data oleh pihak ketiga.

Hal ini juga menjadi pertimbangan penting bagi TNI, terutama saat berhadapan dengan situasi perang, di mana keamanan data menjadi krusial.

Baca juga : BNPT Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Bentuk Sistem Deteksi Dini Radikalisme

“Untuk meningkatkan keterampilan digital prajurit TNI dalam melindungi perangkat dan data, penting untuk mengadopsi pendekatan pembelajaran sepanjang hayat dengan semangat lifelong learning," ujar Sofian.

Andri Johandri, seorang pakar keamanan digital, menyoroti fakta bahwa smartphone saat ini bukan lagi sekadar alat komunikasi, melainkan sebuah komputer portabel yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas.

Oleh karena itu, tanggung jawab untuk menjaga keamanan data ada pada individu.

Andri menekankan, risiko keamanan digital tidak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga pada seluruh unit atau satuan.

“Banyak penggunaan rahasia asing tanpa upaya standarisasi dan modifikasi pengaman tambahan, maka dari itu jaringan kita bisa saja dengan mudah disadap oleh pihak lain” ujar Andri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.