Dark/Light Mode

Perusahaan Mobil Listrik Vietnam Siap Kucurin Rp 18,6 T

Investor Tak Menahan Investasi Ke Indonesia

Selasa, 7 November 2023 07:10 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Senin (6/11/2023). (Foto: Antara)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Senin (6/11/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, pada September 2023 para petinggi Vinfast sudah berkunjung ke Indonesia dan bertemu Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zul­has). Kunjungan tersebut berte­patan dengan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Zulhas dan petinggi Vinfast membahas peluang kerja sama dan investasi antara Indonesia dan Vietnam di bidang kendaraan listrik.

“Indonesia terbuka bekerja sama dan kolaborasi dengan negara-negara mitra untuk pengembangan kendaraan lis­trik,” kata Zulhas.

Baca juga : ITPLN Siap Cetak SDM Unggul Mendukung Transisi Energi

Termasuk peningkatan in­frastruktur dan pengisian daya, menciptakan iklim usaha dan in­vestasi yang kondusif, mengopti­malkan produksi dan penggunaan sumber daya berkelanjutan.

Zulhas juga menjamin in­vestasi Vinfast di Indonesia akan dipermudah demi meningkatkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Indonesia akan jadi pusat mobil listrik. Walaupun bikinnya di sini, nanti mau ekspor nggak apa-apa. Kita bersaing dengan Thailand. Untungnya pasar kita besar, kita juga punya baterai dari nikelnya,” ujar Zulhas.

Baca juga : Mobil Listrik NETA V Resmi Meluncur, Ini Daftar Harga Dan Keunggulannya

Vinfast merupakan merek mobil yang dikembangkan oleh perusahaan real estate terbesar di Vietnam, Vingroup.

Perusahaan ini sudah melebar­kan sayap ke Amerika Serikat dengan memulai pembangunan pabrik mereka di North Caro­lina, Amerika Serikat (AS).

Pabrik Vinfast di North Caroli­na, AS, itu direncanakan beroperasi pada 2025 dengan kapasitas produksi maksimal 150 ribu unit mobil per tahun.

Baca juga : Ganjar Suarakan Job Creation Buat Jaring Tenaga Kerja Indonesia

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 7/11/2023 dengan judul Perusahaan Mobil Listrik Vietnam Siap Kucurin Rp 18,6 T, Investor Tak Menahan Investasi Ke Indonesia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.