Dark/Light Mode

Restrukturisasi Manjur Pulihkan BUMN Karya

Rabu, 8 November 2023 07:20 WIB
Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah. (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Genjot Transformasi

Erick menyatakan, pihaknya tak berpuas diri dengan hasil transformasi perusahaan pelat merah saat ini. Hal ini dikarena­kan masih ada kekurangan yang harus diperbaiki.

Selaku pemegang saham, Kementerian BUMN terus men­dorong perubahan menyeluruh di internal perseroan negara. Ia menargetkan, realisasi 100 persen transformasi BUMN dapat diimplementasikan pada tahun depan.

Baca juga : Regina Art Monologue Project Sukses Memukau Publik Den Haag

“Saya tidak bisa bilang berpuas diri, pasti masih ada kekurangan. Tetapi saya berterima kasih kepada tim saya yang solid dan melakukan percepatan (perbaikan),” ucapnya.

Genap empat tahun Erick Thohir memimpin Kementerian BUMN. Salah satu program yang diusung adalah transfor­masi BUMN.

Mantan bos Klub Inter Milan ini menegaskan, transformasi adalah keharusan untuk men­jadikan BUMN semakin sehat, tangguh, profesional, kompetitif dan berkelas dunia. Ini penting karena BUMN adalah benteng ekonomi dan lokomotif kema­juan bangsa.

Baca juga : Aplikasi CMSmart Permudah Pelaku UMKM

Beberapa hasil transformasi salah satunya diukur dari penda­patan BUMN secara konsoli­dasi. Yakni terjadi pendapatan perseroan yang meningkat 18,8 persen pada 2020-2021, menjadi Rp 2.295 triliun (setara 160 miliar dolar Amerika Serikat/AS).

Capaian laba juga meningkat 838 persen dari Rp 13 triliun (892 juta dola AS) pada 2020 menjadi Rp 124,7 triliun (9 miliar dolar AS) pada 2021. Sedangkan, total aset hingga 2021 berada di posisi Rp 8.978,1 triliun, naik 8 persen dari tahun 2020.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 8/11/2023 dengan judul Restrukturisasi Manjur Pulihkan BUMN Karya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.