Dark/Light Mode

Stok Migas Di Jabanusa Berlimpah, Siap Perkuat Ketahanan Energi Nasional

Rabu, 8 November 2023 14:51 WIB
Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Nurwahidi di webinar bertema Optimalisasi Potensi Migas Jawa Timur dan Madura Demi Perkuat Energi Nasional dan Kesejahteraan Masyarakat, pada Rabu (8/11/2023).
Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Nurwahidi di webinar bertema Optimalisasi Potensi Migas Jawa Timur dan Madura Demi Perkuat Energi Nasional dan Kesejahteraan Masyarakat, pada Rabu (8/11/2023).

 Sebelumnya 
Untuk di wilayah Jawa Timur diakui potensi blok migas yang bisa dikembangkan masih sangat besar.

"Kita harus pahami bahwa eksplorasi ini sangat terpengaruh terhadap iklim investasi. Kita memang masih terkendala soal masalah safety sumur pengeboran, ketersediaan rig yang belum bisa memenuhi kebutuhan dan soal ketersediaan dari tenaga kerja hulu migas yang kompeten," lanjutnya.

Bupati Sumenep Ahmad Fauzi menegaskan kesiapannya untuk menerima lebih banyak investor mengoptimalkan cadangan dan potensi migas yang ada di wilayah Madura khususnya di Sumenep.

Baca juga : HNW: Demokrasi Bermartabat, Pesantren Perlu Cerahkan Situasi Politik

Saat ini terdapat tiga KKKS yang beroperasi di Kabupaten Sumenep yaitu PT Kangean Energy Indonesia (KEI), PT Santos Madura Offshore Pty Ltd dan Husky-CNOOC Madura Ltd (HCML).

Ahmad Fauzi menambahkan bahwa pihaknya siap memberikan pendampingan yang optimal dan kemudahan terhadap investor hulu migas yang ingin menanamkan investasinya di Kabupaten Sumenep.

Dia berharap semakin banyak KKKS yang beroperasi di wilayahnya bisa memberikan efek positif bagi kemajuan SDM, ekonomi atau kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Gaet CGV Cinemas Indonesia, LINE Bank Perkuat Layanan Perbankan

"Pemerintah Daerah di Madura khususnya Kabupaten Sumenep siap memberikan karpet merah untuk perusahaan yang ingin eksplorasi karena bicara soal migas adalah berbicara untuk kebutuhan energi nasional," ujar Ahmad Fauzi.

Achmad Fauzi berharap agar para KKKS komitmen untuk fokus dalam pengembangan ekonomi dan sosial pada masyarakat setempat.

"Yang terpenting bahwa setiap menjalankan bisnis jangan hanya profit oriented, tapi juga perlu melihat social oriented," sambung Ahmad Fauzi.

Baca juga : Jaga Daya Beli Masyarakat, Pemerintah Siapkan Kebijakan Bantuan Pangan 2024

Sementara itu, Head External Relation & Communication PT PGN Saka, Andri Simbolon mengapresiasi upaya keras dari pemerintah di Kabupaten Sumenep, Madura yang kian mempermudah masuknya investor di sektor hulu migas.

Dia berharap, komitmen untuk mempermudah iklim investasi di hulu migas yang dijalankan oleh pemerintah Kabupaten Sumenep bisa diduplikasi di wilayah lain demi terpenuhinya kebutuhan migas nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.