Dark/Light Mode

Profesea Mudahkan SDM Kemaritiman Dapatkan Pekerjaan

Minggu, 12 November 2023 11:33 WIB
Profesea. (Foto: Ist)
Profesea. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perairan telah menjadi jalur perdagangan yang vital selama berabad-abad, terutama di Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia.

Dengan 90 persen volume perdagangan global seperti hasil bumi, bahan makanan, alat elektronik, dan otomotif dikirim melalui kapal, industri kemaritiman membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Baca juga : Prabowo Sebut Indonesia Swasembada, Kementan Tancap Gas Letakan Pondasinya

Menurut Maritime Fairtrade, Indonesia membutuhkan sekitar 12 juta pekerja profesional maritim dan 1,2 juta pelaut untuk memberikan kontribusi pada 12,5 persen dari GDP Indonesia di masa depan.

Sayangnya, banyak SDM menghadapi kendala, mulai dari keterbatasan informasi hingga ketergantungan pada broker. Masalah ini semakin kompleks dengan adanya penipuan dan praktik tidak etis dalam proses rekrutmen. 

Baca juga : Politisi Muda Harus Berkarakter Dan Punya Rekam Jejak Yang Tangguh

Ema Krisnaningtias, Head of People Operation Profesea mengungkapkan, lebih dari 80 persen responden survei internal mereka mengalami kesulitan menemukan lowongan pekerjaan di industri maritim melalui platform pencari kerja konvensional.

Profesea hadir untuk mengatasi tantangan ini dengan menyediakan platform transparan yang menghubungkan job seeker dan perusahaan dalam proses rekrutmen di industri maritim dan logistik. Dengan tujuan menyederhanakan rekrutmen, Profesea juga berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri tersebut.

Baca juga : Tokopedia Dukung UMKM Berdayakan Difabel, Perempuan, Dan Petani

Platform Profesea, dapat diakses melalui www.profesea.id, menawarkan fitur-fitur tambahan yang berguna bagi pencari kerja dan profesional di industri maritim dan logistik. Fitur Social Media dan Community memungkinkan pengguna terhubung dengan rekan-alumni, pelaut, dan pelaku industri lainnya. Ini tidak hanya menyederhanakan proses rekrutmen tetapi juga memastikan pengguna tetap terinformasi tentang perkembangan terbaru dalam industri maritim.

Sejak diluncurkan pada 23 Agustus, ribuan job seeker dan puluhan perusahaan terkemuka sudah bergabung dengan Profesea. “Jangan lewatkan kesempatan untuk membangun karier di industri maritim dan logistik tanpa ketergantungan pada "orang dalam" hanya dengan menggunakan Profesea!” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.