Dark/Light Mode

Jokowi Dan Richard Adkerson Bahas Freeport

Izin Diperpanjang 20 Tahun, RI Tambah 10 Persen Saham

Rabu, 15 November 2023 07:10 WIB
Presiden Jokowi saat bertemu Chairman Freeport McMoRan Richard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat (AS). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat bertemu Chairman Freeport McMoRan Richard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat (AS). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

 Sebelumnya 
Karenanya, Erick menyebut hal tersebut yang mendasari Presiden Jokowi terus mendorong investasi AS di Indonesia. Salah satunya dari Freeport McMoRan. “Kebetulan BUMN sudah menguasai 51 persen,” imbuhnya.

Menurut Erick, pertemuan Presiden Jokowi dengan Free­port juga dibahas soal hilirisasi. Saat ini, perusahaan itu tidak hanya melakukan kegiatan penambangan emas dan tem­baga saja, melainkan telah membangun smelter untuk mengolahnya.

“Ini investasi yang memang kita hilirisasi. Tadinya hanya murni pertambangan emas dan tembaga. Sekarang sudah mulai diturunkan menjadi industrialisasi dengan membuka smelter di Surabaya,” jelas Erick.

Baca juga : Jokowi Pastikan Tarif Kereta Cepat Terjangkau Walaupun Tak Disubsidi Pemerintah

Erick juga mengungkap­kan dalam pertemuan itu, pihak Freeport menunjukkan komitmennya untuk mem­bangun smelter di lokasi lain di Indonesia. Antara lain di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan meresmikan pabrik smelter di Surabaya. Dia ber­harap Presiden bisa hadir dalam peresmian tersebut.

Erick menilai, sejumlah hal yang disampaikan dan dibahas dalam pertemuan tersebut sangat baik untuk meningkatkan investasi yang akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca juga : Ekonomi Indonesia Makin Kinclong, Tumbuh 5,17 Persen, Daya Saing Naik Tajam

Sebelumnya, sejak awal tahun ini, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahada­lia menyatakan, Pemerintah be­rencana menambah kepemilikan saham di PT Freeport Indonesia sebesar 10 persen. Hal itu seiring dengan rencana perpanjangan pengelolaan Freeport di Indo­nesia.

Bahlil mengatakan, kepemili­kan saham Pemerintah di Free­port saat ini mencapai 51 persen dan pendapatan perusahaan se­makin membaik. Dia berharap, kepemilikan bisa bertambah menjadi 61 persen.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 15/11/2023 dengan judul Jokowi Dan Richard Adkerson Bahas Freeport, Izin Diperpanjang 20 Tahun, RI Tambah 10 Persen Saham

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.