Dark/Light Mode

RI-Selandia Baru Perkuat Kolaborasi dan Saling Dukung di Forum Multilateral

Rabu, 15 November 2023 21:59 WIB
Menko Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Peningkatan Ekspor Selandia Baru Damien OConnor, di San Francisco, AS, Selasa (14/11). (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)
Menko Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Peningkatan Ekspor Selandia Baru Damien OConnor, di San Francisco, AS, Selasa (14/11). (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Peningkatan Ekspor Selandia Baru Damien O'Connor, pada rangkaian Pertemuan Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF), di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (14/11). Dalam pertemuan tersebut, Airlangga menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan dukungan Selandia Baru untuk proses aksesi Indonesia dalam keanggotaan pada Financial Action Task Force (FATF).

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga dan O'Connor membahas mengenai keberhasilan Pertemuan Menteri IPEF yang telah berhasil melakukan penandatanganan perjanjian untuk Pilar II (Rantai Pasok), berhasil menyelesaikan Pilar III (Ekonomi Bersih), dan Pilar IV (Ekonomi Adil).

Baca juga : Kementan Optimalkan Produksi Jagung Lewat Program Kesatria

Pada sektor perdagangan, O'Connor membahas implementasi ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Area (AANZFTA). Sebelumnya, Menteri Perdagangan dari empat negara anggota ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura, bersama Australia dan Selandia Baru menandatangani Protokol Kedua AANZFTA pada ASEAN Economic Ministers-Closer Economic Relations (AEM-CER) Consultation, di Semarang, 21 Agustus 2023.

“Indonesia telah melaksanakan seluruh proses domestik untuk Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan saat ini sedang mengkaji peluang untuk berpartisipasi dalam the Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP),” ungkap Airlangga, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (15/11).

Baca juga : Relawan Jaga Mahfud Beberkan Alasan Syari Dukung Ganjar-Mahfud

Airlangga dan O'Connor juga membahas kerja sama dalam sertifikasi halal antara kedua negara untuk mendukung peningkatan perdagangan Indonesia-Selandia Baru yang didominasi produk pangan, khususnya daging sapi. Kedua negara mendorong adanya Mutual Recognition Agreement (MRA) antara Indonesia dengan Selandia Baru.

Memasuki 65 tahun hubungan bilateral Indonesia-Selandia Baru, Airlangga dan O'Connor juga sepakat untuk saling memberikan dukungan pada berbagai forum multilateral. Seperti pelaksanaan the 13th World Trade Organization (WTO) Ministerial Conference (MC13) pada Februari 2024 di Abu Dhabi, United Arab Emirates, dan dukungan terhadap proses aksesi Indonesia dalam keanggotaan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Baca juga : Skuad Tiga Singa Muda Fokus Hadapi Iran

Selanjutnya, Airlangga dan O'Connor juga membahas terkait kelanjutan perundingan Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) pada tahun mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.