Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Relawan Jaga Mahfud Beberkan Alasan Syari Dukung Ganjar-Mahfud

Senin, 13 November 2023 11:42 WIB
Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD bertemu lima inisiatior komunitas Relawan Jaga Mahfud di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/11/2023) malam. Foto: Istimewa
Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD bertemu lima inisiatior komunitas Relawan Jaga Mahfud di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/11/2023) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD bertemu lima inisiatior komunitas Relawan Jaga Mahfud di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/11/2023) malam.

Relawan Jaga Mahfud menyatakan tekad memenangkan Mahfud MD sebagai Wapres berpasangan dengan Capres Ganjar Pranowo pada pilpres 2024.

Kelima inisiator tersebut adalah Komaruddin Taher, Qoyyum Abdul Jabbar, Syarifuudin Rouf, Thobahul Aftoni serta Idy Muzayyad selaku Koordinator Nasional Jaga Mahfud.

Baca juga : Luki Hermawan: Kiai Khos Nahdliyin Dukung Ganjar-Mahfud

Idy menegaskan, dukungan kepada Mahfud setelah melakukan ijtihad bahwa uhulul khomsah atau perkara pokok yang lima harus terus dapat dilindungi.

Yakni agama, jiwa, harta, akal dan keturunan rakyat, mesti terjaga oleh pemimpin yang adil dan tepat bagi bangsa Indonesia.

Ditambahkannya, berdasar kaidah fiqhiyyahma la yatimmul wajib illa bihi fahuwa wajibun’, maka menuju ghoyah berupa baldatun thayyibatun warabbun ghofur, diperlukan wasilah yakni kepemimpinan Indonesia yang mempuni.

Baca juga : Tadinya Dukung, Kini Macron Kecam Israel

"Pada saat Prof. Mahfud MD ditetapkan sebagai Cawapres RI berdampingan dengan dengan Ganjar Pranowo sebagai Capres, seketika muncul harapan publik akan kondisi Indonesia yang lebih baik, termasuk terjaganya lima pokok perkara tersebut," papar Idy dalam keterangannya, Senin (13/11/2023).

Karenanya, menjaga Mahfud MD atau hifdzul Mahfudz merupakan bagian upaya tak terpisahkan untuk menerapkan hifdzuddin (menjaga agama), hifdzunnafs (menjaga jiwa), hifdzunasl (menjaga keturunan), hifdzul maal (menjaga harta), dan hifdzul aql (menjaga akal).

Pada kesempatan tersebut, para inisiator Jaga Mahfud juga meneriakkan slogan Jaga Mahfud, Jaga Indonesia yang disambut dengan oleh Mahfud dengan pekikan Menjaga Indonesia adalah Kewajiban Syar'i".

Baca juga : Ribuan Warga Situbondo Siap Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Mahfud MD juga berkenan menerima kaos dari Relawan Jaga Mahfud sebagai simbol penerimaan untuk memimpin lembaga dewan pembina Relawan Jaga Mahfud.

Komarudin, Sekretaris Dewan Pembina Relawan Jaga Mahfud menambahkan, Bandung sengaja dipilih sebagai tempat bertemu Mahfud karena Jawa Barat meruapakan daerah pertarungan paling menentukan untuk kemenangan Pilpres 2024.

"Ini daerah pertarungan yang menentukan. Relawan Jaga Mahfud akan massif bergerak di Jawa Barat menemui akar rumput," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.