Dark/Light Mode

Bima Arya dan Bicara Udara Kolaborasi Atasi Polusi di Kota Bogor

Sabtu, 21 Oktober 2023 15:46 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Co-Founder Bicara Udara, Novita Natalia akan bahu membahu mangatasi masalah polusi udara di Kota Hujan
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Co-Founder Bicara Udara, Novita Natalia akan bahu membahu mangatasi masalah polusi udara di Kota Hujan

RM.id  Rakyat Merdeka - Bicara Udara secara resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kota Bogor.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan polusi udara yang semakin meningkat di Kota Hujan tersebut.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menegaskan, penanganan polusi udara dibutuhkan aksi nyata. Bukan cuma sekadar melontarkan ide atau gagasan.

"Polusi udara ini jangan sampai diremehkan. Perlu upaya serius untuk mengatasinya," kata Bima di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/10).

Baca juga : BSI dan IFG Kolaborasi, Genjot Literasi & Inklusi Keuangan Syariah

Bima memastikan langkah-langkah penyelesaian polusi udara yang dilakukan pihaknya bersama Bicara Udara tidak akan masuk angin.

“Kita harus punya riset, ukuran polusi seperti apa, benarkah dari angkot, benarkah dibawa dari kabupaten, seberapa dari motor, seberapa dari kendaraan pribadi, polusi dari sampah bagaimana, itu semua perlu riset,” ungkap Wakil Ketua Umum PAN itu.

Bima Arya juga menekankan peran penting Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor dalam mendukung upaya mengatasi polusi udara.

Di samping itu, Bima memberikan penekanan pada kolaborasi yang erat antara Pemkot dan Bicara Udara dalam pelaksanaan proyek ini.

Baca juga : Presiden Jokowi Dorong Kolaborasi Atasi Masalah Kelautan

“Saya ingin selama saya berada di lingkungan ini, ada progress terkait dengan riset, terkait dengan crowdfunding, terkait dengan edukasi dan lain-lain. Bukan hanya kita belanja alat untuk mengukur udara, tapi lebih dari itu,” tegas Bima.

Di kesempatan sama, Co-Founder Bicara Udara, Novita Natalia mengaku siap bekerjasama dengan Pemkot Bogor untuk mencaritahu penyebab dari terjadinya polusi udara.

"MoU ini mencakup beberapa aspek kerja sama, termasuk riset mendalam tentang polusi udara, strategi edukasi, promosi pencegahan yang akan dilakukan oleh Pemkot dalam pemantauan kualitas udara," jelas Novita.

Kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah alat pemantau kualitas udara yang tersedia. Bukan hanya melalui anggaran Pemerintah Daerah, tapi juga melalui dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup serta kontribusi sektor swasta.

Baca juga : Rayakan HUT ke-3, PPLI Gelar Seminar Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan

"Pemerintah Kota Bogor dan Bicara Udara berkomitmen untuk bekerja sama dengan penuh semangat dan tekad, dalam menghadapi tantangan polusi udara,” ujar Novita.

Sekadar informasi, Bicara Udara merupakan platform edukasi yang berkomitmen untuk mengatasi permasalahan polusi udara, dan mendukung inisiatif-inisiatif yang berfokus pada kualitas udara yang lebih baik. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.