Dark/Light Mode

Implementasi QRIS Antarnegara, Netzme Pay Bisa Transaksi Di Singapura

Sabtu, 18 November 2023 11:26 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo (kelima kanan) saat launching implementasi QRIS Cross Border antara Indonesia dan Singapura. (Foto: Dok. BI
Gubernur BI Perry Warjiyo (kelima kanan) saat launching implementasi QRIS Cross Border antara Indonesia dan Singapura. (Foto: Dok. BI

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) telah meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran QR antarnegara (QRIS Cross Border) antara Indonesia dan Singapura pada Jumat (17/11/2023).

Implementasi ini memungkinkan pengguna atau nasabah dari lembaga keuangan yang berpartisipasi untuk melakukan pembayaran ritel antarnegara dengan lancar.

Baca juga : Apresiasi Pangandaran Air Show, Bey: Semoga Bisa Digelar Setiap Tahun

Khususnya menggunakan aplikasi pembayaran yang dimilikinya, dengan cara memindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS) yang ditampilkan oleh merchant di Indonesia atau Singapura di Singapore FinTech Festival 2023.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, interkoneksi pembayaran QR lintas batas (QRIS Cross Border) antara Indonesia dan Singapura akan mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM.

Baca juga : Gandeng Mandiri, GATF 2023 Targetin Transaksi 105 Miliar

Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari komitmen negara anggota ASEAN pada kerja sama Konektivitas Pembayaran Regional (Regional Payment Connectivity/RPC) dan implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, dalam mewujudkan metode pembayaran yang lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat.

“Kami juga mengumumkan inisiatif strategis lainnya untuk mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dalam transaksi bilateral melalui kerangka Transaksi Mata Uang Lokal (Local Currency Transaction/LCT), yang diharapkan dapat diimplementasikan pada 2024,” kata Perry dalam keterangan resmi, Sabtu (18/11/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.