Dark/Light Mode

Bantu UMKM Akses Pembiayaan

Perusahaan Penjamin Beri Kontribusi Besar

Minggu, 19 November 2023 07:20 WIB
Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippin­do) Ivan Soeparno. (Foto: Dok. Jamkrindo)
Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippin­do) Ivan Soeparno. (Foto: Dok. Jamkrindo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan penjaminan menyatakan komitmennya terus membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan pembiayaan. Hal ini diharapkan bisa memberi kontribusi untuk perekonomian bangsa.

Perusahaan penjaminan menyatakan komitmennya mem­bantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat­kan pembiayaan. Hal ini diharap­kan bisa memberi kontribusi untuk perekonomian bangsa.

Baca juga : SWA Dan Business Digest Apresiasi Perusahaan Pencetak Prestasi Penjualan

Perusahaan penjaminan bisa berperan menjembatani UMKM dengan lembaga keuangan. Dengan adanya penjaminan, kredit UMKM bisa meraih pin­jaman dari lembaga keuangan. Yang pada akhirnya membantu peningkatan aksesibilitas finan­sial UMKM.

Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippin­do) Ivan Soeparno menjelaskan, Asippindo merupakan bagian dari ekosistem industri keuangan. Pihaknya ingin bersama-sama ikut berkontribusi membangun ekonomi negeri melalui model bisnis penjaminan.

Baca juga : Pemda Se-Jabar Terapkan Penggunaan Kartu Kredit Indonesia

Sejak didirikan pada 27 De­sember 2012, Asippindo terus berkembang dan berkontribusi positif dalam pengembangan in­dustri penjaminan di Tanah Air.

“Aksesibilitas finansial meru­pakan salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pelaku UMKM,” jelas Ivan di Jakarta, Jumat (17/11).

Baca juga : Kabupaten PPU Resmikan Perpustakaan, Diharapkan Tingkatkan Literasi Warga IKN

Bukan rahasia lagi, UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan pen­ciptaan lapangan kerja. Namun, UMKM sering kali menghadapi kesulitan dalam memperoleh akses ke pembiayaan.

Padahal pembiayaan sangat diperlukan untuk mengembang­kan dan mempertahankan bisnis mereka. Khususnya karena ke­tiadaan dan kurangnya jaminan yang dimiliki.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.