Dark/Light Mode

Bantu UMKM Akses Pembiayaan

Perusahaan Penjamin Beri Kontribusi Besar

Minggu, 19 November 2023 07:20 WIB
Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippin­do) Ivan Soeparno. (Foto: Dok. Jamkrindo)
Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippin­do) Ivan Soeparno. (Foto: Dok. Jamkrindo)

 Sebelumnya 
Akibatnya, UMKM seringkali terhambat dalam mengembang­kan usaha atau terpaksa mencari sumber pembiayaan alternatif, dengan suku bunga tinggi, yang pada akhirnya menggerus po­tensi mereka untuk bertumbuh.

Padahal, sebut Ivan, perusa­haan penjaminan memiliki peran strategis dalam mendukung per­tumbuhan ekonomi sektor riil di Indonesia.

“Dan (perusahaan penjami­nan) ini sebagai jembatan bagi UMKM untuk mendapatkan pendanaan,” jelasnya.

Baca juga : SWA Dan Business Digest Apresiasi Perusahaan Pencetak Prestasi Penjualan

Dengan adanya fasilitas pen­jaminan tersebut, sambungnya, maka aksesibilitas finansial pelaku UMKM semakin meningkat.

Karena pelaku industri pen­jaminan telah membantu men­gurangi risiko kredit yang mung­kin timbul. Sehingga lembaga keuangan menjadi lebih berani memberikan pembiayaan ke­pada UMKM.

“Peningkatan aksesibilitas finansial UMKM menjadi sangat penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, yang inklusif dan berkelanjutan,” tegasnya.

Baca juga : Pemda Se-Jabar Terapkan Penggunaan Kartu Kredit Indonesia

Ketua Penyelenggara Seminar Nasional Asippindo Abdul Bari mengatakan, kehadiran stake­holder, praktisi dan profesional di industri penjaminan dalam diskusi panel, diharapkan dapat menjadi wadah untuk melaku­kan penguatan bisnis penjami­nan ke depannya.

Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi wahana berbagi pengetahuan, pengalaman, dan gagasan inovatif untuk meng­hadapi tantangan.

“Serta peluang yang ada di era perekonomian yang dinamis,” ujarnya.

Baca juga : Kabupaten PPU Resmikan Perpustakaan, Diharapkan Tingkatkan Literasi Warga IKN

Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero mengapresiasi kon­tribusi positif dari perusahaan penjaminan terhadap kredit UMKM.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.