Dark/Light Mode

Puncak Gernas BBI, Kemperin Dorong IKM Bengkulu Naik Kelas

Senin, 20 November 2023 18:47 WIB
Rangkaian Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (BBI/BBWI) Bengkulu. (Foto: Istimewa)
Rangkaian Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (BBI/BBWI) Bengkulu. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia mengungkapkan bahwa Kementerian Perindustrian sebagai Co-Campaign Manager dalam gelaran BBI/BBWI Bengkulu tahun 2023 mendukung dari sisi peningkatan daya saing produk dan kualitas SDM IKM Bengkulu.

Hal itu dilakukan melalui berbagai fasilitasi dan pendampingan yaitu penguasaan teknologi e-business melalui program e-Smart IKM, on-boarding ke dalam e-katalog LKPP, edukasi dan konsultasi usaha, literasi digital, pendaftaran merek IKM, dan lain sebagainya.

“Pada kesempatan ini, kita melihat 30 IKM terbaik Provinsi Bengkulu yang menghasilkan 5 IKM Champion dengan total penjualan terbanyak selama diadakannya Gernas BBI/BBWI Bengkulu 2023," ujar Menperin.

Baca juga : Lewat Ulammart, KKP Dorong UMKM Perikanan Naik Kelas

Menurutnya, total penjualan 30 IKM secara online dan offline sejak 1 September 2023 s.d 11 November 2023 tercatat sebesar Rp. 11,72 miliar.

“Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk melakukan pendampingan kepada IKM Bengkulu yang terpilih ini dan kami terus mengajak seluruh masyarakat untuk bangga dan membeli produk dalam negeri, termasuk produk kreasi IKM Bengkulu”, ujarnya dalam keterangan diterima Senin (20/11/2023).

Lebih lanjut Menperin menjelaskan, bahwa sebagai bagian dari peningkatan penggunaan produk dalam negeri khususnya melalui belanja barang dan jasa pemerintah.

Baca juga : BSI Gandeng Mabes TNI Dorong Inklusi Keuangan Syariah

Kemenperin secara aktif melakukan sosialisasi, business matching, mempertemukan penyedia bahan baku/ komponen dengan industri, serta kegiatan fasilitasi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Ia mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah bersinergi dalam pelaksanaan Gerakan Nasional BBI/BBWI Bengkulu 2023.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Pemerintah Provinsi Bengkulu atas kesempatan yang diberikan kepada Kementerian Perindustrian untuk turut mensukseskan rangkaian kegiatan Gernas BBI/BBWI di Provinsi Bengkulu Tahun 2023," ujarnya.

Baca juga : Hadiri Rakernas LDII, Bamsoet Dorong Peningkatan Kualitas Demokrasi Indonesia

Menperin juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia serta seluruh pendukung Gernas BBI/BBWI Bengkulu Tahun 2023 atas kerjasama yang baik selama kegiatan ini.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Reni Yanita menyampaikan, nantinya para IKM yang telah mendapatkan pendampingan ini akan terus dibina dan dikembangkan baik oleh Pemerintah Daerah, Bank Indonesia maupun Kementerian Perindustrian.
niProgram ini dapat terus maju dan berinovasi membawa dampak positif bagi perkembangan IKM dan ekonomi daerah Provinsi Bengkulu," ujar Reni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.