Dark/Light Mode

Menangkan Kompetisi Inovasi Layanan Publik, TASPEN Komit Berikan Layanan Terbaik

Selasa, 21 November 2023 14:45 WIB
TASPEN, satu-satunya BUMN yang meraih penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 untuk program TOOS TASPEN One Hour Online Service di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023. (Foto: Humas TASPEN)
TASPEN, satu-satunya BUMN yang meraih penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 untuk program TOOS TASPEN One Hour Online Service di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023. (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN berkomitmen meningkatkan inovasi produk dan layanan yang dibutuhkan peserta, serta menggunakan teknologi terkini.

Atas komitmen tersebut, TASPEN sebagai satu-satunya BUMN yang meraih penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 untuk program TOOS (TASPEN One Hour Online Service) di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023, yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB),

TASPEN TOOS merupakan layanan satu pintu untuk pengajuan klaim dan non-klaim secara online bagi para peserta, sehingga dapat mereplikasikan fungsi layanan pada kantor cabang TASPEN.

Penghargaan ini dinilai berdasarkan seluruh upaya program dan layanan inovatif bagi masyarakat, dan diikuti oleh instansi pemerintah dan perusahaan BUMN.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas kepada Direktur Operasional TASPEN Ariyandi, didampingi Sekertaris Kementerian PAN RB Rini Widyantini dan Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (21/11).

Baca juga : Lewat Inovasi NB House, PTPN Group Kendalikan Hama Tanaman

Terkait hal tersebut, Direktur Operasional TASPEN Ariyandi mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan Insan TASPEN, agar tetap semangat dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan.

"Semoga, penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa TASPEN jauh lebih baik dalam hal melayani. Sukses untuk kita semua, sukses untuk semua Insan TASPEN," ujar Ariyandi.

TASPEN TOOS merupakan layanan satu pintu TASPEN, yang dapat diakses melalui beragam perangkat dan dilakukan secara online.

Aplikasi TOOS menghadirkan proses klaim dan non-klaim yang cepat. Seluruh proses klaim maupun non-klaim melalui aplikasi TOOS memakan waktu maksimal satu jam, mengingat data peserta sudah terintegrasi langsung dengan pihak-pihak terkait. Seperti Pemerintah Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, BKN, Sekretariat Negara Republik Indonesia, Kementerian Keuangan, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan seluruh mitra bayar TASPEN.

Sementara Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud apresiasi bagi instansi pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Apresiasi tertinggi diberikan kepada TASPEN, atas seluruh inovasi program dan layanan yang telah dilaksanakan untuk membantu masyarakat.

Baca juga : Diapresiasi Publik, PLN Jawa Timur Komit Sukseskan Piala Dunia U-17

TASPEN senantiasa menjamin kerahasiaan data dan keamanan data setiap peserta. Sehingga, seluruh data detil peserta, hanya bisa diakses secara lengkap oleh peserta yang bersangkutan. Agar seluruh proses klaim dan non-klaim menjadi mudah, aman, akurat dan nyaman.

Tahun 2023, jumlah layanan kepengurusan klaim dan non-klaim melalui aplikasi TOOS telah mencapai 91,77 persen dari keseluruhan jumlah pengajuan klaim dan non-klaim TASPEN.

Pada kegiatan KIPP 2023, proses Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) dilakukan secara mandiri oleh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah pada ruang lingkup administrasi, barang dan jasa. Agar setiap instansi pemerintah dan BUMN dapat berbenah dan memiliki tolak ukur kinerja layanan terhadap masyarakat.

Keikutsertaan TASPEN pada kegiatan ini, diharapkan dapat membawa kebanggaan. Khususnya, bagi Insan TASPEN yang telah berkarya atas pembangunan inovasi tersebut.

Secara konsisten, TASPEN terus melakukan optimalisasi penyempurnaan berbagai inovasi dalam hal pelayanan kepada peserta. Seperti halnya aplikasi TOOS yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi masa kini. SDM didukung, agar terus bersikap agile dan kompetitif dalam mengimplementasikan kemampuannya.

Tentang PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Baca juga : Gandeng Yayasan Hasnur Centre, HIS Berikan Edukasi dan Layanan Kesehatan Gratis

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.

PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.

PT TASPEN (Persero) saat ini merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia. Antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (TASPEN One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi situs resmi https://TASPEN.co.idhttps://tcare.TASPEN.co.id dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.