Dark/Light Mode

Ekonomi Ingin Tumbuh Di Atas 6 Persen

Target Penerimaan Pajak Kudu Dikejar

Kamis, 23 November 2023 07:10 WIB
Mantan Menteri Keuangan M. Chatib Basri. (Foto: Dok. Antara)
Mantan Menteri Keuangan M. Chatib Basri. (Foto: Dok. Antara)

 Sebelumnya 
Menurutnya, untuk mencapai target penerimaan perpajakan pa­jak, Pemerintah akan melakukan berbagai upaya. Seperti penerapan core tax system, hingga mendorong efektivitas dari implemen­tasi Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

“Kami akan melakukan beberapa pembangunan reformasi, dari core tax system, meningkatkan kepatu­han dengan integrasi teknologi, joint program supaya penerimaan semakin konsisten antar berbagai sumber, antara bea cukai dan pa­jak,” kata Sri Mulyani.

Baca juga : I3L Pamerkan Produk Hasil Penelitian Mahasiswa

Jika dirinci, Pemerintah menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp 1.986,9 triliun atau meningkat 9,3 persen jika dibandingkan outlook 2023 sebesar Rp 1.818,2 triliun.

“Artinya, dengan pertumbuhan ekonomi 2024 yang ditarget­kan 5,2 persen, tax ratio akan meningkat,” katanya.

Baca juga : Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,08 Persen, Pj Gubernur Ingin Ditingkatkan Lagi

Target tersebut akan dicapai terutama dengan dilakukannya reformasi pajak. Antara lain dengan terus mendorong implemen­tasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wa­jib Pajak (NPWP), ekstensifikasi wajib pajak segmen High Wealth Individual (HWI), implementasi core tax system, dan pemanfaatan digital forensik.

Selain itu, Pemerintah juga akan melanjutkan pemberian insentif secara terarah dan terukur. Ini di­lakukan untuk mendukung transisi ekonomi hijau. Termasuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), mendukung investasi dan hilirisasi melalui tax holiday dan tax allowance, mendukung usaha kecil menengah dan untuk mendukung kualitas sumber daya manusia.

Baca juga : Konsolidasi Pemenangan Anies-Imin Di Serang, MU Perubahan Target 70 Persen Suara

Secara total, pemerintah menar­getkan pendapatan negara menca­pai Rp 2.781,3 triliun pada 2024. Selain penerimaan perpajakan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ditargetkan menca­pai Rp 473,0 triliun.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 23/11/2023 dengan judul Ekonomi Ingin Tumbuh Di Atas 6 Persen, Target Penerimaan Pajak Kudu Dikejar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.