Dark/Light Mode

3 Eskavator Bangun Kanal

Percepat Penanganan Karhutla, Pj Gubernur Sumsel: TMC Diperpanjang

Sabtu, 4 November 2023 14:21 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (kanan). (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) bersama stakeholder terkait terus berupaya untuk mempercepat penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni memastikan, upaya menggunakan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) diperpanjang.

“Upaya menggunakan TMC telah dilakukan sejak akhir September lalu. Seharusnya TMC ini berakhir Sabtu, 4 September 2023. Namun, saya sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memperpanjang upaya TMC di Sumsel,” ujar Fatoni, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (4/11).

Baca juga : Masa Jabatan Heru Budi Hartono Sebagai Pj. Gubernur Diperpanjang 1 Tahun

Hasilnya, BNPB menyetujui hal tersebut. Nantinya, upaya menggunakan metode TMC akan diperpanjang hingga sepekan ke depan atau 10 November 2023.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iqbal Alisyahbana menyambut baik perpanjangan upaya tersebut. Menurutnya, potensi awan penghujan pada awal November ini masih cukup besar. TMC dilakukan satu sampai tiga kali sorti (penyemaian) melihat potensi awan perhari. Untuk satu kali sorti ditebar 1.000 kg atau 1 ton garam.

Baca juga : Gubernur Lemhannas Disorot

Selain itu, instruksi Pj Gubernur adalah membuat sekat bakar dan kanal di wilayah Karhutla. Nantinya, akan disiapkan tiga eskavator untuk membantu Manggala Agni yang berada di lapangan. Eskavator itu berasal dari Dinas PU Pengendalian Sumber Daya Air (PSDA) dan bantuan perusahaan melalui Dinas Perkebunan Sumsel.

"Pak Pj sudah menginstruksikan agar mengirimkan eskavator di dua lokasi. Eskavator itu akan dipakai membuat sekat bakar (satu unit eskavator) dan kanal sungai (dua unit) untuk pemadamam dan pembasahan lahan," terangnya.

Baca juga : Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Pj Gubernur Sumsel Sinergi Bareng Media

Terkait sekat bakar akan dibuat di dekat PT Kelantan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), sementara kanal, akan dibuat sepanjang 18 kilometer dengan mengambil dari aliran Sungai Komering ke arah OKI. "Kanal itu dibuat sesuai usulan dari Manggala Agni agar ada sumber air saat kejadian karhutla," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.