Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Interkoneksi Pembayaran QR Indonesia-Singapura Dukung UMKM dan Pariwisata

Minggu, 26 November 2023 12:59 WIB
Guru Besar Universitas Tarumanagara Untar Prof. Dr. Ariawan Gunadi. (Foto: Istimewa)
Guru Besar Universitas Tarumanagara Untar Prof. Dr. Ariawan Gunadi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran QR antarnegara Indonesia dan Singapura.

Peresmian kerja sama yang diluncurkan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Managing Director MAS Ravi Menon.

Guru Besar Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H, menyebut, kesepakatan ini merupakan bukti komitmen keseriusan Indonesia dan Singapura untuk memiliki metode pembayaran lintas batas serta tindak lanjut terhadap kerja sama Regional Payment Connectivity dan pelaksanaan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

Baca juga : Syarat Indonesia Jadi Negara Maju, Menkes: Masyarakatnya Harus Sehat

Menurut Ariawan, dengan interkoneksi pembayaran QR lintas batas negara antara Indonesia dan Singapura akan mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Regional Payment Connectivity memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran ritel dengan cara memindai QRIS atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS) yang ditampilkan oleh merchant sehingga tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dan dapat langsung menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran," kata Ariawan di Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Pakar Hukum Bisnis dan Perdagangan Internasional ini menilai, interkoneksi pembayaran membuat transaksi menjadi lebih murah dibanding menggunakan cash mata uang negara tujuan karena karena tidak lagi menggunakan konversi ke mata uang lain dan tidak ada biaya layanan tarik tunai dari ATM di luar negeri.

Baca juga : Serangan Israel Ke RS Indonesia Tak Langgar Hukum Internasional

Lebih lanjut Ariawan mengatakan, integrasikan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Digital Interkoneksi pembayaran QR Indonesia dengan Singapura merupakan capaian penting dari upaya mengintegrasikan ekosistem ekonomi dan keuangan digital sekaligus memperkuat hubungan perdagangan antara Indonesia dan Singapura.

"Dengan meningkatnya kemudahan dalam sistem pembayaran, interkoneksi ini mampu memacu pertumbuhan aktivitas e-commerce lintas negara, menciptakan peluang bisnis baru, dan memperluas jangkauan pasar bagi pelaku usaha, terutama bagi UMKM," jelasnya.

Ariawan mengatakan kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Singapura sebagai pelengkap interkoneksi pembayaran QR melalui fasilitas penggunaan Rupiah Indonesia dan Dolar Singapura untuk penyelesaian transaksi pembayaran antarnegara.

Baca juga : Israel Serang RS Indonesia dengan Tank dan Mortir, 2 Tewas

Regional Payment Connectivity juga bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan sektor pariwisata. Berdasarkan data yang dirilis oleh Statistics Indonesia and Statistics Singapore, pada Januari hingga Juni 2023 terdapat sebanyak 600 ribu wisatawan yang datang dari Singapura ke Indonesia dan sebanyak 1,1 juta wisatawan yang datang dari Indonesia ke Singapura.

“Dengan interkoneksi pembayaran ini merupakan langkah penting menunjang pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19 karena dapat mengakselerasi pertumbuhan kegiatan pariwisata melalui kemudahan yang ditawarkan dalam transaksi pembayaran bagi wisatawan mancanegara,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.