Dark/Light Mode

Dorong Program UMKM, PPI dan ID Food Group Gelar TJSL Kolaborasi Di Cianjur

Jumat, 1 Desember 2023 19:10 WIB
Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI)  turut berpartisipasi dalam gelaran Program TJSL Kolaborasi, di Desa Cinangsi, Cikalongkulon, Cianjur. (Foto: Istimewa)
Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) turut berpartisipasi dalam gelaran Program TJSL Kolaborasi, di Desa Cinangsi, Cikalongkulon, Cianjur. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), anggota ID Food, turut berpartisipasi dalam gelaran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kolaborasi, di Desa Cinangsi, Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat, pada Rabu-Kamis (29-30/11/2023).

Kepala Sekretariat Perusahaan PPI, Noverita Anggraeny mengatakan, pihaknya bersama ID Food Group melakukan sejumlah kegiatan TJSL di bidang pendidikan, lingkungan, pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dan kegiatan santunan untuk anak yatim.

Seluruh kegiatan ini, kata Noverita, bertujuan untuk memberikan dampak positif kehadiran PPI dan ID Food Group kepada masyarakat khususnya Desa Cinangsi, Cikalongkulon, Cianjur.

“Kami berharap, selain dapat memberikan manfaat positif bagi masyrakat, program TJSL ini juga dapat menciptakan mitra TJSL, baik komunitas di desa atau wilayah binaan yang dapat mendukung bisnis PPI dan ID Food Group," ujarnya, dalam keterangannya, Jumat (1/12/2023).

Baca juga : BMK Kemendikbudristek Gelar Kelana Indonesiana

Noverita merinci, program TJSL Kolaborasi ID Food Group tersebut dimulai dengan program pengembangan UMKM yakni ID Food Berkembang Bersama UMKM.

Ia menjelaskan, kegiatan ini diikuti sekitar 29 peserta UMKM yang ada di Desa Cinangsi.

"Usaha para UMKM tersebut, ada yang dari produk makanan rengginang, renggining, hingga budidaya tanaman," kata Noverita.

Pihaknya juga memberikan pelatihan kepada puluhan UMKM di Desa Cinangsi, terkait digital marketing hingga pembutan Nomor Induk Berusaha.

Baca juga : Wapres Dorong Program Jaminan Sosial Terus Digenjot

"Kami ingin agar para UMKM yang hadir, dapat meningkatkan kapasitas usaha yang dimiliki," ujarnya.

Sementara pada program pendidikan, PPI bersama dengan ID Food Group memberikan seminar umum kepada 250 siswa di SMKN 1 Cikalongkulon.

Adapun, materi yang diberikan di antaranya pengenalan tentang binsis ID Food Group, pemahaman tentang bisnis peternakan, serta perdagangan.

Pihaknya juga memotivasi semangat belajar para siswa di SMKN 1 Cikalongkulon. Selanjutnya, pada program lingkungan, PPI dan ID Food Group melaksanakan penanaman 300 pohon, terdiri atas pohon buah dan pohon keras.

Baca juga : ID Food Dan NFA Perkuat Ekosistem Perberasan

"Penanaman tersebut dilakukan di areal tanah desa sambungnya," ujar Noverita.

Kegiatan penanaman tersebut, dihadiri langsung Musyawah Pimpinan Kecamatan (Muspicam) Cikalongkulon, seperti Kapolsek Cikalongkulon, dan Danramil Cikalongkulon.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan Program TJSL Kolaborasi ini, pihaknya juga melaksakanan kegiatan sosial kemasyarakatan. Yakni, membagikan paket sembako kepada 65 anak yatim di Desa Cinangsi.

"Paket sembako ini, isinya berupa minyak goreng premium 1 liter, beras premium 5 kilogram (Kg), ikan kembung 1 kg, ayam karkas 1 ekor dan garam," pungkas Noverita.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.