Dark/Light Mode

Jelang Pesta Demokrasi 2024, Polri Gelar Pameran Karikatur Di CFD Bundaran HI

Minggu, 24 September 2023 12:02 WIB
Pameran karikatur yang digelar Polri (Foto: Divhumas Polri)
Pameran karikatur yang digelar Polri (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri menggelar pameran karikatur di kawasan Car Free Day (CFD), tepatnya di Pos Polisi Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/9/2023).

Penyelenggara kegiatan ini adalah Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Dikreg ke-63.

"Dalam rangka menjelang pesta demokrasi 2024 atau pesta demokrasi sebelum-sebelumnya kenapa kita pakai konsep ini, karena konsep artpolisting ini kita mau menampilkan bahwasanya politik atau demokrasi bisa dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan dan menyejukan," ujar Katim Sespimmen Polri Dikreg ke-63, Kompol Akta Wijaya, saat ditemui di lokasi.

Baca juga : Relawan Asandra Kembali Gelar Tebus Sembako Murah, Kali Ini Di Kabupaten Malang

Kegiatan ini mengambil tema cukup unik yakni dengan menggunakan anekdot yang terkenal dari Presiden Republik Indonesia ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yakni 'Gitu Aja Kok Repot, Politik Mesem, Adem Ayem'.

"Itu kenapa kami ambil tajuknya adalah gitu aja kok repot gitu, anekdot yang terkenal dari bapak Gus Dur salah satu Presiden kita salah satu tokoh sentral juga di Indonesia. Beliau selalu mengedepankan konsep-konsep atau pendekatan yang menyenangkan atau menyejukkan," ucapnya.

Selain di Jakarta, kegiatan ini juga dilakukan di kota-kota besar yakni Batam, Bali, Pontianak, Palembang dan Surabaya yang dimulai sejak Agustus-September 2023.

Baca juga : Pedagang Pasar Anjlok, Presiden Siapkan Aturan Jualan Di Medsos

Akta mengatakan, hal ini bertujuan untuk memberikan oase yang menyejukan dalam menghadapi situasi Pemilu yang kian memanas.

Ada ratusan karikatur yang dipamerkan dalam kegiatan ini yang merupakan karya GM Sudarta, Pramono R Pramoedjo, Itok Isdiyanto, Thomas Lionar, Sudi Purwono, Anwar Rasyid, dan Gatot Eko Cahyono.

"Sekitar 100 ada lebih ya ini ya, saya nggak hafal beberapa jumlahnya tapi ada lebih dari 100. Jadi kami menggaet mereka pendekatannya adalah dengan karikatur dan beberapa lukisan menjelaskan bagaimana situasi politik," terangnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.