Dark/Light Mode

Tahun 2024

PLN Icon Plus Bidik 1,5 Juta Pelanggan ICONNET

Sabtu, 2 Desember 2023 06:21 WIB
Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi. (Foto: Fazry/RM.id)
Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi. (Foto: Fazry/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui anak usahanya PT Indonesia Comnet Plus (Icon Plus) menargetkan bisa meraup 1,5 juta pelanggan ICONNET di 2024.

Untuk mengejar target tersebut, PLN Icon Plus kian agresif melakukan penetrasi bisnis ke pelosok daerah lewat program ICONNET, layanan internet berbasis fiber optik.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, perusahaan terus menggenjot bisnis dengan membangun konektivitas internet di berbagai daerah, khususnya wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

"Pertumbuhan tinggi ini didukung ekspansi kami dalam bisnis beyond kwh (bisnis di luar kelistrikan). Salah satunya konektivitas dengan brand ICONNET yang sudah mencapai 1 juta pelanggan di Indonesia," kata Ari Rahmat Indra Cahyadi dalam acara Media Gathering PLN Icon Plus di Bandung, Jumat (1/12/2023).

Ari mengungkapkan, saat ini posisi Icon Plus terbantu dalam subholding PLN dengan melakukan utilisasi aset. Hal ini membuat PLN Icon Plus mudah mengakses daerah yang sulit dijangkau.

"Kami didukung seluruh tim dan 100 kantor PLN. Ini salah satu kekuatan kami dalam memberikan layanan di daerah 3T. Selain PLN jual listrik, kami di ICONNET promosi jual internet," ujar Ari.

PLN Icon Plus juga siap membuka peluang kerja sama dan investasi dengan berbagai pihak untuk mendukung pembangunan fiber optik di daerah 3T.

Baca juga : Pelayanan Haji Jangan Turun

Kolaborasi ini penting dalam pengembangan infrastruktur dan teknologi untuk meningkatkan layanan yang diberikan.

Hal ini sejalan dengan target konsumen pendapatan menengah ke bawah, serta tujuan ICONNET menyasar ke daerah-daerah pinggiran yang belum terlalu banyak terjamah internet fiber.

Ari mengatakan produk layanan ICONNET juga terus berinovasi. Seperti melakukan paket bundling internet dengan teknologi energi terbarukan, PLTS Atap (PV Rooftop).

Memonetisasi bisnis panel surya atap ini adalah bagian dari salah satu bisnis perusahaan untuk mengintegrasikan dengan layanan lain, yakni smart green solution.

Hal ini sejalan dengan komitmen PLN Icon Plus mempercepat transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan.

"ICONNET akan terus mengedepankan layanan yang reliable (dapat diandalkan), affordable (terjangkau), dan unlimited (tak terbatas)," tegasnya.

Tembus 1 Juta Pelanggan

Baca juga : PLN Icon Plus Tampilkan Smart Solution dan Inovasi menuju Transisi Energi

Dalam waktu 3 tahun, ICONNET berhasil mencetak rekor 1 juta pelanggan.

Capaian tersebut merupakan yang tertinggi sejak berdiri, padahal pada dua bulan pertama setelah diluncurkan ICONNET hanya mencatatkan 45.000 pelanggan.

Kehadiran ICONNET yang berdiri pada 31 Mei 2021 tersebut diminati masyarakat. Ini dibuktikan dengan pertumbuhan pesat pelanggan ICONNET sekitar 500.000 pelanggan pada tahun 2023.

Prestasi ciamik tersebut turut mendongkrak posisi ICONNET menjadi nomor tiga di industri provider internet.

Sebagai pendatang baru, ICONNET memiliki daya saing yang kompetitif dengan pesaingnya.

Sebagai bagian dari PLN Icon Plus yang memiliki sepak terjang lebih dari 20 tahun, ICONNET juga memiliki nilai unggul sebagai satu-satunya provider internet rumah yang bisa memasang infrastruktur di atas kabel PLN.

"ICONNET sudah siap jawab kebutuhan jaringan internet dan tuntutan pelanggan, internet yang andal, cepat, dan sesuai dengan keekonomian masyarakat," kata Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus Heni Utari Ambarwati.

Baca juga : Hadapi Pemilu 2024, PBHI Ungkit Pelanggaran HAM Di Era 90-an

Sebelumnya, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN Hartanto Wibowo menyampaikan apresiasinya atas pencapaian ini.

"PLN mendorong PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kWh untuk terus meningkatkan layanan dan inovasi produk, termasuk pengembangan ICONNET kedepannya," ujar Hartanto yang juga Komisaris Utama PLN Icon Plus.

Untuk diketahui, PLN Icon Plus menggelar acara Media Gathering selama dua hari, 1-2 Desember 2023 di Bandung. Acara tersebut dihadiri 36 awak media nasional dan lokal.

Selain Dirut PLN Icon Plus dan Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus, tampak hadir di acara, Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi PLN Icon Plus Daru Tri Tjahjono, Manajer Media PLN Pusat Leonardo Manurung dan Manajer Komunikasi Korporat & TJSL PLN Icon Plus Dermawan Amir Uloly.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.