Dark/Light Mode

Andalkan ICONNET

PLN Icon Plus Siap Pasok Jaringan Internet Di IKN Nusantara

Minggu, 3 Desember 2023 17:58 WIB
Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi di sela acara Media Gathering PLN Icon Plus di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/12).
Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi di sela acara Media Gathering PLN Icon Plus di Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/12).

 Sebelumnya 
Dikatakan, saat ini, ICONNET telah menjangkau 353 kabupaten dan kota, serta melayani 12.740 desa di Indonesia.

"Sudah mencapai sekitar 80 persen wilayah kabupaten dan kota. Dan ini akan kita terus kembangkan ke wilayah lainnya," katanya.

Ari Rahmat mencontohkan daerah pelosok yang berhasil disentuh layanan ICONNET salah satunya menjadikan Pulau Lepar, Kabupaten Bangka Selatan sebagai pulau 100 persen ICONNET.

"Di sana, PLN membangun kabel bawah laut, yaitu kabel listrik plus ICONNET," jelasnya.

Baca juga : Tembus 1 Juta Pengguna ICONNET, PLN Icon Plus Dukung Pemerataan Akses Internet

"Selain itu, ada Pulau Untung Jawa dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Kami juga menjangkau wilayah-wilayah yang jarang sekali didengar di wilayah Kalimantan dan Sulawesi," imbuhnya.

Tidak hanya di wilayah Indonesia, ICONNET juga sukses menjangkau negara lain, yaitu Timor Leste.

"Saat ini Timor Leste sudah menggunakan jaringan internet ICONNET. Ada cerita penuh haru saat ICONNET masuk Timor Leste. Fiber optik dianggap seperti barang mewah, yang bahkan disambut langsung oleh Presiden Timor Leste," pungkasnya.

Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus, Heni Utari Ambarwati menambahkan, sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), melalui program PLN Peduli Pendidikan, PLN ICON Plus menyerahkan sejumlah bantuan kepada sekolah yang ada di Pulau Lepar.

Baca juga : PLN Icon Plus Bidik 1,5 Juta Pelanggan ICONNET

"Kami memberikan bantuan kepada 9 sekolah berupa fasilitas internet gratis selama satu tahun," katanya.

Heni Utari mengatakan, masing-masing sekolah juga mendapatkan bantuan dua unit Laptop untuk mendukung kegiatan pembelajaran digital.

"PLN ICON Plus juga memberikan bantuan berupa fasilitas free internet Desa di ruang publik yang dapat dimanfaatkan bersama-sama. Awalnya ini hanya bantuan, tapi akhirnya warga tertarik dan jadi pelanggan ICONNET," katanya.

Selain itu, PLN Icon Plus juga ikut memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pulau Lepar.

Baca juga : Dinkominfo Siap Jagain Keamanan Siber Di Musi Banyuasin

Salah satunya dengan memfasilitasi penjualan produk UMKM melalui fitur marketplace yang ada di Aplikasi PLN New Mobile.

"Hasilnya memang belum maksimal. Tapi bagi mereka, sangat terbantu dan merasakan manfaatnya. Ada kemudahan menjual produk lewat marketplace," pungkas Heni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.