Dark/Light Mode

Penumpang Nataru Melonjak 17 Persen, Pelni Siapkan 648 Ribu Tiket

Jumat, 8 Desember 2023 22:59 WIB
Direktur Utama Pelni Tri Andayani dalam konferensi persnya di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023). Foto: Istimewa
Direktur Utama Pelni Tri Andayani dalam konferensi persnya di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mempersiapkan diri secara untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan, Pelni menyiapkan 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis yang akan beroperasi di Nataru dengan total kapasitas sebanyak 51.296 seat.

"Seluruh kapal sudah lolos uji dan pemeriksaan ramp check. Jadi, siap untuk melayani pelanggan yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk berlibur natal dan tahun baru," kata Anda, sapaan akrab Tri Andayani dalam konferensi persnya di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023).

Anda memprediksi di Nataru tahun ini akan terjadi lonjakan penumpang. Berdasarkan data, saat ini telah terjual 50 ribu tiket. Sementara, Pelni menyediakan tiket sebanyak 648 ribu.

Baca juga : Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Solusi Percepat Pelayanan Publik

"Kami perkirakan penumpang akan mencapai 598.276 orang atau naik 17 persen dibanding realisasi periode Nataru tahun lalu yang sebesar 510.792 orang. Kenaikan ini cukup signifikan jika melihat tren ke belakang, terutama pascapandemi Covid-19," ujarnya.

Selain itu, Anda memperkirakan puncak perjalanan dengan kapal Pelni pada arus keberangkatan akan terjadi pada 22 Desember 2023 dengan prediksi penumpang sebanyak 31.176 orang.

Sementara, arus kepulangan pasca Nataru diperkirakan terjadi pada 4 Januari 2024 dengan prediksi 26.465 orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, kata Anda, Pelni juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan izin dispensasi mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

Baca juga : Penjarahan TBS Sawit Kian Meresahkan, Petani Rugi Ratusan Juta Rupiah

Namun, Anda memastikan keselamatan tetap menjadi prioritas utama bagi penumpang. Anda menuturkan, pada 26 kapal penumpang Pelni, total alat keselamatan yang tersedia di atas kapal antara lain 228 unit sekoci dengan total kapasitas 25.980 orang; 1.439 unit life raft (36.375 orang); dan 71.098 unit life jacket.

"Jika dibandingkan dengan kapasitas seat terpasang di 26 kapal penumpang yang mencapai 34.192 orang, maka jumlah alat keselamatan sebanyak empat kalinya, dengan total 133.453 orang," ungkapnya.

Di Nataru kali ini, Pelni juga bakal menggelar mudik gratis. Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy mengatakan, mudik gratis Nataru itu merupakan kerja sama Pelni dengan Kementerian Perhubungan.

Ia menyebut mudik gratis Nataru terbatas untuk 500 orang di setiap rute. "Memang direncanakan Kemenhub akan membiayai terkait mudik gratis ini di beberapa ruas ada 500 orang," katanya.

Baca juga : Penumpang Lompat Ke Sayap Pesawat

Dessy menjelaskan, tidak semua orang dapat mengakses fasilitas mudik gratis tersebut. Hanya masyarakat kurang mampu yang layak mendapatkan tiket mudik gratis Nataru kapal Pelni.

Untuk mendapatkan tiket gratis Nataru, masyarakat dapat mengajukannya di loket Pelni dengan membawa sejumlah syarat, salah satunya surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari instansi pemerintah setempat. Direncanakan tiket gratis mulai bisa diakses masyarakat pada 18 Desember 2023.

"Jadi, untuk menyaringnya jangan sampai yang naik gratis ini orang mampu. Persyaratan khususnya dari Kemenhub syarat tidak mampu dari instansi atau desa setempat," ucapnya.

Dessy membeberkan, sejumlah rute yang ada tiket gratisnya, antara lain Batam-Belawan, Belawan-Batam, Baubau-Makassar, Makassar-Baubau, Makassar-Sorong, Batam-Tanjung Priok, Surabaya-Makassar, Surabaya-Biak, Balikpapan-Pare-pare, Sorong-Ambon, Bali-Sorong, Parepare-Tarakan dan Parepare Balikpapan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.