Dark/Light Mode

BP Tapera Yakini Penyaluran Dana FLPP Atasi Backlog Perumahan

Selasa, 12 Desember 2023 17:16 WIB
InfobankTalknews bertajuk Peran Strategis BP Tapera dalam Ekosistem Perumahan Indonesia, secara virtual, Selasa (12/12/2023). (Foto: Istimewa)
InfobankTalknews bertajuk Peran Strategis BP Tapera dalam Ekosistem Perumahan Indonesia, secara virtual, Selasa (12/12/2023). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Adi menjelaskan, ada empat isu yang selama ini dihadapi oleh semua insan perumahan terkait dengan ekosistem pembiayaan perumahan.

Di antaranya availability, affordability, accessibility, dan sustainability.

Lantas, bagaimana peran BP Tapera menjawab isu tersebut? Misalnya terkait dengan isu availability yang berkaitan dengan ketersediaan dana.

Seperti diketahui, fundamental dalam pembiayaan perumahan menyangkut mix and match antara penyediaan dana jangka pendek dengan jangka panjang.

“Untuk KPR perumahan tenornya panjang itu membutuhkan pendanaan jangka panjang. Di sinilah peranan BP Tapera dalam menyediakan terkait dengan likuiditas,” ungkapnya.

Baca juga : BNI Borong 3 Penghargaan Dari Bank Indonesia

Sedangkan terkait dengan affordability atau kemampuan masyarakat dalam hal memiliki perumahan. Di sini, BP Tapera hadir dengan memberikan skema-skema pembiayaan terjangkau.

“Kita memiliki peran untuk set up skema-skema pembiayaan baik untuk rumah tapak, high rise. Tentunya dalam pembiayaan skema ini kita dibantu oleh teman-teman perbankan,” kata Adi.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Junaidi Abdillah menyebut, Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) menyoroti masih adanya tantangan yang dihadapi para mitra strategis dalam mendukung program sejuta rumah.

“Misalnya seperti perizinan, pembiayaan, pertanahan, dan institusi lainnya yang terlibat langsung di dalam bagaimana men-support program satu juta rumah ini nah itu sampe sekarang masih banyak permasalahan-permasalahan yang belum tertuntaskan,” ucap Junaidi.

Ia berharap, ke depannya melalui BP Tapera sebagai salah satu mitra kerja dari Apersi untuk menjawab tantangan tersebut dan turut mendorong adanya sinergi bersama dengan seluruh stakeholder terkait dalam mendukung pemeritah pada program sejuta rumah.

Baca juga : Perwira Pertamina Retail Salurkan Bantuan Donasi Kemanusiaan Untuk Palestina

“Saya berharap kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam program satu juta rumah itu harus betul-betul adanya sinergi ini penting,” ujarnya.

Chairman Infobank Media Group Eko B Supriyanto memberikan sejumlah catatan penting untuk BP Tapera agar benar-benar melakukan misinya dengan baik.

Pertama, terkait tugas BP Tapera dalam pengumpulan dan pengelolaan dana masyarakat.

Ia menekankan, agar pengelolaan dana masyarakat oleh BP Tapera bisa lebih dimaksimalkan.

BP Tapera juga diharapkan memiliki mitra atau opsi lain di luar lembaga perbankan dalam melakukan pengelolaan dana.

Baca juga : Eks Pejabat Bea Cukai Tampung Gratifikasi Pakai Rekening Keluarga Dan Perusahaan

Hal penting lainnya yang jadi perhatian BP Tapera terkait kerja sama dengan pengembang perumahan. Pasalnya, hal ini akan berkorelasi dengan kualitas bangunan.

Ia meminta agar BP Tapera membuat 'whitelist' atau daftar entitas-entitas developer yang berkualitas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.