Dark/Light Mode

Buka Lapak Lagi

TikTok Masih Gabungin Medsos Dan E-Commerce

Kamis, 14 Desember 2023 07:20 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah), Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto (kiri), dan Direktur Eksekutif E-Commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo saat acara Dukung Harbolnas 12.12, Tokopedia dan TikTok Hadirkan Kampanye ‘Beli Lokal’ di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (12/12/23). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka/RM.id)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah), Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto (kiri), dan Direktur Eksekutif E-Commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo saat acara Dukung Harbolnas 12.12, Tokopedia dan TikTok Hadirkan Kampanye ‘Beli Lokal’ di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (12/12/23). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersamaan dengan momen Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12.12, TikTok Indonesia, membuka kembali layanan TikTok Shop-nya di platform yang sama. Melanggar aturan?

Secara sepintas, tidak ada yang berbeda dengan sebelum­nya, TikTok masih menggabung­kan media sosial (medsos) dengan e-commerce. Berdasarkan peraturan, penggabungan itu tidak diperbolehkan. Bedanya kali ini, mereka nebeng izin e-commerce dari Tokopedia, bagian dari PT GoTo Gojek Toko­pedia Tbk (GoTo).

Baca juga : Kab Muba Layak Ikuti Pelatihan Akses Data Regsosek

Pihak Tiktok melalui Executive Director of E-commerce Indonesia TikTok Stephanie Susilo memastikan, pihaknya akan fokus berjualan produk lokal atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Termasuk mematuhi Pera­turan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023, soal kewajiban bagi peda­gang dan platform e-commerce untuk menayangkan dan mem­perdagangkan bukti pemenuhan standardisasi barang.

Baca juga : Umumkan Harga Stok Pangan Di Medsos Dong

Dia bilang, sebagai komit­men TikTok untuk bisa ber­bisnis kembali di Indonesia, pihaknya memilih Tokopedia sebagai partner.

“Karena sama-sama memiliki visi dan misi yang sama untuk menjunjung tinggi UMKM lokal dan kreator Indonesia,” ucap Stephanie kepada wartawan usai Konferensi Pers: Hari Be­lanja Online Nasional (Har­bolnas) 12.12, Tokopedia dan TikTok Meluncurkan Kampanye ‘Beli Lokal’ di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Baca juga : Penutupan GNRM, Muhadjir Ajak Mahasiswa UAI Santun di Medsos

Saat ditanya, apakah ke depan­nya TikTok Shop akan membuka entitasnya sendiri, Stephanie masih enggan berbagi infor­masi. Ia mengatakan, kerja sama dengan Tokopedia merupakan proses yang berkelanjutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.