Dark/Light Mode

SDE Pelopori Tambang Batubara Teknologi Tinggi Bawah Tanah Di Indonesia

Senin, 18 Desember 2023 17:47 WIB
Lokasi tambang SDE-1 di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto: Istimewa
Lokasi tambang SDE-1 di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Sementara itu, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Suswantono, menyatakan dalam melakukan penambangan batubara PT SDE menggunakan metode tambang bawah tanah.

Berdasarkan dokumen Persetujuan Studi Kelayakan dan dokumen lingkungan, PT SDE memiliki kapasitas maksimum produksi batubara mencapai 20 juta ton/tahun. Sehingga akan menjadikan PT SDE sebagai perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia yang memproduksi batubara dengan metode tambang bawah tanah.

Berbicara pada acara peresmian, Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Achmad Idrus menyampaikan rasa terima kasihnya kepada China Qinfa Group yang telah memilih Indonesia untuk menempatkan investasinya.

Baca juga : Mitsubishi Mulai Produksi Kendaraan Listrik Minicab EV Di Indonesia

"Investasi PT SDE menjadi sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi dan realisasi investasi. Target investasi untuk 2024 adalah Rp 1.650 triliun dan investasi yang ditempatkan China Qinfa Group menjadi sangat penting," tuturnya.

Dengan dimulainya operasi komersial, PT SDE akan membawa dampak positif bagi masyarakat setempat, termasuk menciptakan lapangan kerja dan memberdayakan UKM lokal.

Di luar kontribusi ekonominya, PT SDE juga teguh dalam komitmennya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui inisiatif pendidikan seperti pembangunan gedung sekolah dasar SD Magalau Hulu.

Baca juga : Sportwatch Berteknologi Dari Eropa Suunto Race Hadir Di Indonesia

Bekerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Pertambangan Bawah Tanah (BDTBT) di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), PT SDE juga aktif memfasilitasi karyawannya untuk berpartisipasi dalam program pelatihan pertambangan bawah tanah.

Perusahaan juga berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat dengan merekrut lulusan dari program pelatihan masyarakat yang diselenggarakan oleh BDTBT.

Baru-baru ini, bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Kotabaru, PT SDE memfasilitasi sepuluh karyawan lokalnya ke BDTBT di Sawahlunto, Sumatera Barat, untuk mengikuti pelatihan penambangan bawah tanah. Inisiatif ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pembelajaran berkelanjutan, pengembangan keterampilan, dan keterlibatan masyarakat, serta dedikasi perusahaan dalam membina tenaga kerja terampil dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan masyarakat lokal. PT SDE adalah perusahaan pertambangan bawah tanah yang terafiliasi dengan China Qinfa Group Ltd.

Baca juga : BNI Borong 3 Penghargaan Dari Bank Indonesia

Sejak 2021, PT SDE aktif terlibat dalam pengembangan tambang bawah tanah yang berlokasi di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan seluas 185 km2. Tambang yang dibangun yakni SDE-1 dan SDE-2 dirancang dengan rencana kapasitas produksi sebesar 10 juta ton per tahun.

Perusahaan berkomitmen untuk menjunjung standar tertinggi dalam keselamatan, inovasi, dan praktik penambangan yang bertanggung jawab di seluruh operasinya. Selain kontribusi ekonominya, PT SDE menekankan keberlanjutan dan secara aktif terlibat dalam inisiatif pemberdayaan masyarakat lokal.

Komitmen perusahaan tidak hanya mencakup bidang pertambangan, namun juga menunjukkan perannya dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi masa depan Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.