Dark/Light Mode

GIF Gandeng CCE Jadikan Golo Mori: Todo Cama, Desa Berdaya

Selasa, 19 Desember 2023 14:04 WIB
GoTo Impact Foundation, organisasi penggerak dampak yang didirikan oleh Grup GoTo, bersama konsorsium changemakers dari Catalyst Changemakers Ecosystem meluncurkan proyek percontohan Golo Mori: Todo Cama, yang berarti Tumbuh Bersama. Foto: Istimewa
GoTo Impact Foundation, organisasi penggerak dampak yang didirikan oleh Grup GoTo, bersama konsorsium changemakers dari Catalyst Changemakers Ecosystem meluncurkan proyek percontohan Golo Mori: Todo Cama, yang berarti Tumbuh Bersama. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - GoTo Impact Foundation (GIF), organisasi penggerak dampak yang didirikan oleh Grup GoTo, bersama konsorsium changemakers dari Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE) meluncurkan proyek percontohan Golo Mori: Todo Cama, yang berarti ‘Tumbuh Bersama’.

Proyek ini, bertujuan untuk menjadikan Golo Mori sebagai desa berdaya penyangga di salah satu lokasi yang diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), melalui pengelolaan sampah untuk pertanian regeneratif yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.

Potensi Golo Mori menjadi KEK, didaulat bisa mendorong Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo menjadi pariwisata kelas dunia.

Pertumbuhan pariwisata ini bisa menjadi peluang peningkatan ekonomi bagi Desa Golo Mori yang akan menjadi tetangga KEK.

Namun pertumbuhan ini juga bisa menjadi tantangan bagi masyarakat desa bila belum diimbangi dengan pelestarian lingkungan yang bebas dari sampah serta pengembangan agrikultur sebagai potensi ekonomi.

Pada 2022, Labuan Bajo dan wilayah sekitar masih menghadapi tantangan terkait 16 ton sampah yang masuk ke TPA setiap hari. Selain itu, sekitar 70 persen masyarakat Desa Golo Mori bekerja sebagai petani sehingga kontribusi agrikultur terhadap perekonomian masih dominan.

Baca juga : Indofood Gandeng UI Luncurkan Platform Bagi Nakes dan Kader Posyandu

Namun, bila masyarakat Desa Golo Mori masih belum mempraktikkan pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan, peningkatan ekonomi dapat terhambat.

Monica Oudang, selaku Chairperson dari GoTo Impact Foundation menyampaikan, setelah tiga tahun berjalan, GIF menyadari bahwa satu permasalahan saling terkait erat dengan permasalahan lain.

Sehingga upaya yang dilakukan sendiri-sendiri tidak cukup untuk menghasilkan perubahan sistemik jangka panjang.

Oleh karena itu, GIF menghadirkan CCE yang menggunakan pendekatan innovation ecosystem sebagai cara baru untuk menjawab permasalahan serta potensi di Desa Golo Mori.

Melalui CCE, pihaknya berusaha memobilisasi dan menyatukan pembuat dampak, pendanaan, pengetahuan, dan keahlian untuk berinovasi bersama agar bisa menyelesaikan masalah iklim lebih cepat, berkelanjutan, dan dalam skala besar.

"Pada 2023, CCE bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) sebagai mitra strategis dalam pengelolaan sampah di kawasan strategis destinasi wisata melalui intervensi ekonomi sirkular," tambahnya.

Baca juga : Lembaga Pendidikan Harus Jadi Role Model Moderasi Beragama

Di gelombang kedua yang berlangsung sejak Maret 2023, CCE menggabungkan 50 changemakers (pembawa perubahan), yang terdiri dari organisasi masyarakat sipil yang dekat dengan masalah di lapangan serta startup sebagai penyedia teknologi, ke dalam Catalyst Changemakers Lab.

Di dalam Lab, para changemakers mendapatkan pengembangan kapasitas dan berkolaborasi membentuk konsorsium untuk menyusun solusi inovatif.

Dari 16 solusi yang tercipta, tiga di antaranya terpilih untuk diimplementasikan melalui proyek percontohan. Salah satu konsorsium terpilih, yaitu Divers Clean Action, Karma Bumi, Kole Project, dan Sky Volunteer (Synersia), akan menjalankan proyek percontohan Golo Mori Todo Cama di Desa Golo Mori yang merupakan hasil kolaborasi dengan masyarakat dan Pemerintah Desa Golo Mori, Politeknik El Bajo Commodus, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan beberapa dinas terkait, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Barat, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Manggarai Barat.

Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, menyambut positif upaya GIF, konsorsium changemakers CCE, serta pemerintah dan masyarakat desa untuk menjadikan Golo Mori sebagai desa wisata penyangga yang tangguh dan berkelanjutan.

"Melalui pengelolaan sampah untuk pertanian regeneratif, kami berharap masyarakat bisa ikut terlibat dalam mendukung rantai nilai pariwisata, dan semoga nantinya perkembangan masyarakat bisa tumbuh bersama industri pariwisata," ungkap Angela.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat Yulianus Weng juga turut mengapresiasi proyek percontohan ini.

Baca juga : Proyek MRT Koridor Timur-Barat Dikebut

"Kami mendukung penuh upaya pengembangan ekonomi sirkular melalui pengelolaan sampah dan pertanian regeneratif dan permakultur, yang sekaligus dapat menjaga kesehatan dan kelestarian lahan. Dengan sinergi antar dinas, badan terkait, serta masyarakat, diharapkan proyek ini dapat terjaga keberlangsungannya untuk menciptakan Manggarai Barat yang bersih, tangguh, dan mandiri," kata Yulianus.

Jeffri Ricardo, selaku perwakilan dari konsorsium penggagas Golo Mori: Todo Cama, menjelaskan bahwa proyek percontohan akan memberikan dampak nyata melalui empat solusi utama, yakni, pengelolaan sampah, ketahanan pangan, diversifikasi ekonomi dan wisata aman masyarakat.

Proyek percontohan yang kami gagas bersama GIF diharapkan dapat meningkatkan skor Desa Tangguh Bencana (Destana) dari level Pratama menjadi level Utama.

"Menargetkan 100 persen pengelolaan sampah organik untuk kebutuhan pertanian, 2000 kg per bulan sampah anorganik menjadi bahan baku daur ulang dan dijual dalam bentuk kreasi produk yang bernilai ekonomi, serta peningkatan pendapatan rata-rata petani lokal sebesar 30 persen melalui praktik pertanian regeneratif dan permakultur," tandasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.