Dark/Light Mode

Pemerintah Gandeng Jepang

Proyek MRT Koridor Timur-Barat Dikebut

Senin, 13 November 2023 07:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah sepakat menandatangani risalah pembahasan penilaian atau Minutes of Discussion (MoD) of Appraisal Mission untuk proyek Mass Rapid Transit (MRT) koridor Timur-Barat Fase 1 Tahap 1, bersama Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kesepakatan perjanjian ini diteken pada Sabtu (11/11/2023) oleh Direktur Jenderal Perkereta­apian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal, Di­rektur Pendanaan Bilateral Bap­penas Kurniawan Ariadi, Sekda Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setiono, dan Dirut MRT Jakarta Tuhiyat selaku perwakilan dari Pemerintah Indonesia.

Sementara dari JICA, MoD diteken Chief of Representative Indonesia Office JICA Mr. Yasui Takehiro.

Baca juga : Pemerintah Gercep Tangani Bencana Longsor Dan Kekurangan Makanan Di Yahukimo

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono.

BKS, sapaan akrab Budi Karya mengatakan, pembangunan MRT ini sesuai dengan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional, untuk meningkatkan jaringan transportasi massal dan jumlah penggunanya.

“Saya sangat berharap proyek MRT koridor Timur-Barat ini dapat berjalan dengan baik dan dapat selesai tepat waktu, se­hingga dapat segera dinikmati oleh masyarakat,” kata BKS dalam keterangan resminya, Minggu (12/11/2023).

Baca juga : Gandeng BRI, BPJamsostek Berikan Perlindungan Bagi Para Debitur

Menurutnya, Pemerintah kon­sisten melaksanakan berbagai pembangunan transportasi massal perkotaan berbasis rel seperti MRT, LRT, dan KRL.

Ia pun menyambut baik parti­sipasi aktif Jepang untuk mem­bangun infrastruktur transportasi massal di Indonesia.

“Selain soft loan, diperlukan skema pendanaan kreatif lain­nya untuk memenuhi kebutuhan yang belum bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Baca juga : 500 Ribu Rice Cooker Gratis Siap Dibagikan

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini berharap akan lebih banyak kerja sama yang dijalin antara Pemerintah Indonesia dan Jepang di sektor perkeretaapian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.