Dark/Light Mode

Bapanas Bakal Cross Check Ke Lapangan

Ngeri, Harga Cabe Konon Tembus Rp 450 Ribu/Kg

Kamis, 21 Desember 2023 07:10 WIB
Kepala Badan Pangan Na­sional (Bapanas)/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi. (Foto: Dok. Istimewa)
Kepala Badan Pangan Na­sional (Bapanas)/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi. (Foto: Dok. Istimewa)

 Sebelumnya 
Arief mendorong, untuk masalah cabe rawit merah, hasil produksi didekatkan ke daerah-daerah yang defisit pasokan na­mun cukup tinggi konsumen.

“Kita semua harus dorong produksi. Masyarakat bisa tanam di pekarangan atau kebun meng­gunakan polybag,” ujar Arief.

Saat ini Bapanas tengah mem­perhatikan isu harga cabe rawit merah di suatu daerah yang disebut mencapai Rp 450.000 per kg.

Baca juga : Ganjar Bakal Jadikan Lapas Nusakambangan Penjara Napi Koruptor

Arief mengatakan, pihaknya sedang melakukan cross check untuk memastikan kebenaran isu tersebut, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang akurat.

Bapanas, kata dia, punya panel harga pangan yang menjadi referensi bagi perkembangan harga secara nasional yang dihimpun dari enumerator harga.

“Fungsinya untuk memantau perkembangan harga pangan secara harian di seluruh provinsi dan kabupaten kota,” kata Arief.

Baca juga : Relawan Prabowo Bakal Gelar Sabtu Biru Langit Ceria Se-Indonesia

Menilik pada Panel Harga Pangan NFA, harga rata-rata semua provinsi untuk cabe rawit merah di Desember tercatat berada di angka Rp 84.460 per kg.

Ke depannya, Bapanas bakal terus bersinergi dengan stake­holder pangan dalam membantu mobilisasi pangan antar daerah melalui FDP.

“Ini agar dapat menjembatani daerah dengan stok berlebih terhadap daerah yang stoknya defisit dan mengalami lonjakan harga,” pungkasnya.

Baca juga : Meroket, Harga Bitcoin Tembus Rp 548 Juta

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 21/12/2023 dengan judul Bapanas Bakal Cross Check Ke Lapangan, Ngeri, Harga Cabe Konon Tembus Rp 450 Ribu/Kg

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.