Dark/Light Mode

5 Prangko Khusus Pos Lintas Batas Negara Telah Terbit

Kamis, 21 Desember 2023 17:14 WIB
PT Pos Indonesia telah mencetak prangko khusus yang mengabadikan momen 5 lima Pos Lintas Batas Negara (PLBN). (Foto: Istimewa)
PT Pos Indonesia telah mencetak prangko khusus yang mengabadikan momen 5 lima Pos Lintas Batas Negara (PLBN). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
3. Melintas ke Kalimantan: Entikong dan Badau
PLBN Entikong, terletak di Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, menjadi perhatian utama sebagai pos lintas batas pertama di Indonesia.
Beroperasi sejak 1 Oktober 1989, PLBN ini diresmikan kembali pada 21 Desember 2016 oleh Presiden Joko Widodo.

"Dengan luas mencapai 19.493 m2, PLBN Entikong menampilkan konsep arsitektur bangunan khas lokalitas, terinspirasi dari bentuk rumah panjang dan perisai suku Dayak," kata Robert.

PLBN Badau, di Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, turut memberikan peranan penting bagi kawasan timur Provinsi Kalimantan Barat.

Baca juga : Perpusnas Sempurnakan Rumusan Indeks Literasi dan Tingkat Kegemaran Membaca

Diresmikan pada 16 Maret 2017, PLBN Badau menampilkan konsep bangunan utama yang menyerupai Rumah Betang, rumah panjang khas Kalimantan, dengan tipe PLBN (A).

4. Natuna: PLBN Serasan, Perpaduan Desain Melayu dan Fungsi Pertahanan
Pindah ke wilayah Natuna, PLBN Serasan di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, menjadi titik fokus terakhir.

Dibangun sebagai PLBN laut, Serasan memiliki nilai strategis untuk ekonomi dan pembangunan kawasan perbatasan, juga sebagai beranda terdepan Indonesia dengan Counter Point Sematan, Malaysia.
"PLBN Serasan dibangun pada 05 November 2020, dan selesai 01 Agustus 2022," ujar Robert.
Robert mengatakan, dengan langkah PT Pos Indonesia dalam mencetak prangko khusus ini, diharapkan masyarakat dapat terus mengenang dan menghargai peran penting PLBN sebagai pintu gerbang ke berbagai kawasan perbatasan Indonesia.

Baca juga : Pemerintah Belum Satu Suara

Menurutnya perjalanan PLBN dari Sota hingga Serasan, melibatkan kerjasama lintas sektor, menjadi simbol kemajuan bangsa dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok Indonesia.

Robert menjelaskan, jejak prangko baru ini yang akan segera menghiasi koleksi Anda pada Desember 2023.

"Pengembangan PLBN tidak hanya menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia sebagai bangsa besar, tetapi yang terpenting sekali adalah fungsi pertahanan keamanan dan sekaligus sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah perbatasan Indonesia," pungkas Robert.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.