Dark/Light Mode

Usai Buka Kantor Cabang Di Dubai

Investor Tertarik Beli 20 Persen Saham BSI

Jumat, 22 Desember 2023 07:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“BSI punya berita bagus. Ke­marin sudah mendapat full lisensi di UEA, saya juga sedang melobi bisa nggak BSI ini mendapat full lisensi juga di Saudi. Karena target kami jelas, BSI masuk 10 besar global,” ucapnya.

Erick bilang, BSI ditargetkan akan mengoperasikan kantor cabang baru di Arab Saudi pada 2024, sebagai langkah perusahaan menuju bank syariah global.

Proses pembukaan kantor cabang baru di Arab Saudi saat ini terus berjalan melalui ko­munikasi BSI dengan pihak Saudi Arabian Monetary Agency (SAMA). Bahkan, BSI sudah me­nyampaikan permohonan kepada pihak SAMA untuk pembukaan kantor cabang baru tersebut.

Baca juga : Tanduk Banteng Keluar, Targetkan 70 Persen Suara Ganjar-Mahfud Di Jateng

“Ketika kantor cabang baru BSI di Arab Saudi beroperasi, maka total ada dua kantor cabang yang beroperasi di luar negeri. Saat ini BSI memiliki kantor cabang yang sudah beroperasi di Dubai,” kata Erick.

Sejak Agustus 2023, BSI mendapatkan lisensi atau mandat dari otoritas di Dubai untuk beroperasi secara penuh setelah beroperasi lebih dari dua tahun.

Pemilik Mahaka Group ini berharap, ke depannya BSI bisa menjadi lebih sehat secara keuangan agar bisa bersaing di industri bank syariah.

Baca juga : CIMB Niaga Kantongi Laba Rp 6,3 Triliun Per September 2023

Selain itu, Kementerian BUMN telah sepakat agar Indonesia menjadi pasar yang terbuka bagi investor luar negeri, swasta dan BUMN.

“Jika Indonesia open mar­ket artinya ada investasi luar negeri, swasta, BUMN sebagai benteng ekonomi nasional dan keberpihakan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) harus terjadi,” ujarnya.

Menyoal ini, Pengamat BUMN dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Toto Pranoto melihat, dibuka full service BSI di Dubai, telah mampu menarik banyak investor untuk mengembangkan industri halal nasional ke depan dengan Indonesia.

Baca juga : India Tertarik Bangun Rumah Sakit Di KEK

“Dengan model akad syariah yang kompetitif, BSI dapat mengumpulkan dana investor Mus­lim global. Termasuk rencana perluasan kantor cabang di Arab Saudi,” kata Toto kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.