Dark/Light Mode

107 Juta Orang Bepergian Selama Nataru

Pertumbuhan Ekonomi Bakal Di Atas 5 Persen

Minggu, 24 Desember 2023 07:10 WIB
Ekonom Center of economic and Law studies (Celios) Bhima Yudhistira. (Foto: Antara)
Ekonom Center of economic and Law studies (Celios) Bhima Yudhistira. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Hal itu akan memberikan dorongan bagi pertumbuhan ekonomi kuartal IV­-2023 yang diprediksi bisa di atas 5 persen.

“Sementara pertumbuhan ekonomi nasional keseluruhan sepanjang 2023 juga ikut terdongkrak. Mudah­-mudahan bisa di atas 5 persen juga,” harapnya.

Pada sidang kabinet di Istana Negara, Jakarta, senin (11/12/2023), Presiden Jokowi sudah meminta jajarannya siap menghadapi libur Nataru.

Baca juga : Gibran Yakinkan IKN Bakal Buka Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru

Meski ini rutinitas, harus tetap direncanakan dan dipersiapkan. Utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan serta distribusi bahan pangan dan kebutuhan pokok.

“Karena dari perhitungan survei terakhir, ada sekitar 107 juta pergerakan orang saat Nataru,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta jajarannya memperhatikan stabilitas harga, terutama harga bahan pokok. Dia melihat beberapa harga pangan, seperti cabe dan beras masih tinggi. Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa menyebabkan inflasi pangan yang tinggi jika tidak tertangani dengan baik.

Baca juga : Mahfud: SDM Dan SDA Diberesin, Pertumbuhan Ekonomi Bisa Plus 6 Persen

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, sebanyak 107,63 juta orang bakal melakukan perjalanan pada libur Nataru. Jumlah tersebut mengalami peningkatan drastis 143 persen dari nataru tahun lalu.

Muhadjir menjelaskan, Pemerintah sudah melakukan antisipasi dengan menyiapkan beberapa langkah menghadapi Nataru. Misalnya, dalam hal pengaturan transportasi darat, penyebrangan laut, pembelian tiket, layanan rest area jalan tol, penambahan jadwal penerbangan dan kereta, serta program mudik Nataru.

Libur Nataru bersamaan dengan libur sekolah dan pergerakan masa kampanye Pemilu 2024.

Baca juga : Resmi dibuka, LG Experience Store Hadirkan Pengalaman Baru Berbelanja Elektronik

“Pemerintah akan berupaya mempersiapkan semaksimal mungkin, termasuk memitigasi potensi konflik ekonomi dan sosial,” tegas Muhadjir dalam keterangan resminya di Jakarta, dikutip Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, untuk antisipasi bencana hidrometeorologi yang bisa meningkat di akhir tahun, Pemerintah juga telah mengkoordinasikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), agar menyiapkan antisipasi. Terutama di daerah destinasi mudik dan wisata.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 24/12/2023 dengan judul 107 Juta Orang Bepergian Selama Nataru, Pertumbuhan Ekonomi Bakal Di Atas 5 Persen

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.