Dark/Light Mode

Kinerja Tahun Ini Sudah Baik

Petrogas Basin Didorong Tingkatkan Produksi Migas

Rabu, 27 Desember 2023 15:00 WIB
Petrogas Basin Ltd di Sorong, Papua Barat Daya. [Foto: Muhammad Rusmadi/Rakyat Merdeka/RM.id]
Petrogas Basin Ltd di Sorong, Papua Barat Daya. [Foto: Muhammad Rusmadi/Rakyat Merdeka/RM.id]

 Sebelumnya 
Sejak 1 Januari 2016, RH Petrogas Ltd melalui Petrogas (Basin) Ltd menjadi operator di Wilayah Kerja Kepala Burung, yang berada di Kabupaten Sorong, dengan total luas wilayah lebih dari 1.000 km persegi.

Petrogas (Basin) Ltd. memiliki dua fasilitas produksi. Pertama, fasilitas produksi Kasim Production Facility untuk fasilitas produksi minyak mentah dari Lapangan Walio, Wakamuk, Cendrawasih, Kasim, dan Jaya. Kedua, Arar Gas dan LPG Plant, yang merupakan fasilitas produksi gas dari Lapangan Arar dan Klalin. KKKS Petrogas Basin Ltd di Sorong, Papua Barat Daya.

Petrogas Basin Ltd di Sorong, Papua Barat Daya. [Foto: Muhammad Rusmadi/Rakyat Merdeka/RM.id]

Baca juga : Hadapi Tantangan Tahun Politik, PT Cemindo Gemilang Kedepankan Solusi Inovatif

Menurut General Manager Petrogas (Basin) Ltd, Alfian Telaumbanua, Blok Kepala Burung menghasilkan lebih dari 4.500 barel minyak per hari dan lebih dari 20 juta standar kaki kubik gas per hari. “Baik produk minyak mentah maupun gas dari Wilayah Kerja Kepala Burung, diperuntukkan bagi kebutuhan dan ketahanan energi domestik,” jelasnya.

Selain minyak mentah untuk kebutuhan lokal Papua Barat Daya, produksi gas disuplai ke Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Sorong untuk pembangkit tenaga listrik di Kabupaten Sorong dan Kota Sorong, Papua Barat Daya, dan juga termasuk suplai gas rumah tangga melalui Jaringan Gas Nasional.

Baca juga : Natal Dan Tahun Baru, Posko Nasional Sektor ESDM Pastikan Pasokan Energi Aman

Sejak 2017, Petrogas (Basin) Ltd terus berupaya meningkatkan lifting LPG hasil produksinya. Pada 2017, dilakukan dua kali lifting, 2018 empat kali lifting, 2019 lima kali lifting, 2020 dan 2021 masing-masing enam kali lifting, 2022 tujuh kali lifting, dan di 2023 ditargetkan sembilan kali lifting hingga akhir tahun. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.