Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Seminar 50 Tahun RI-Korsel, Bamsoet Dorong Peningkatan Hubungan Bilateral

Selasa, 5 Desember 2023 16:16 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi hubungan Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) yang telah memasuki usia 50 tahun. Dalam kurun waktu 5 dekade, hubungan persahabatan dan kerja sama bilateral yang telah terjalin sedemikian erat antara kedua negara, harus mampu ditingkatkan lebih baik lagi.

Bamsoet menyatakan, sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke Korea Selatan, baik untuk tujuan bisnis, kunjungan kedinasan, ataupun berwisata. Pada setiap kunjungan tersebut, selalu meninggalkan kesan yang menyenangkan.

“Saya rasa orang-orang Korea memiliki kesamaan karakter dengan orang Indonesia, yaitu ramah, dan menghormati persahabatan," ujar Bamsoet, saat memberikan sambutan secara daring dalam Seminar Internasional 50 tahun hubungan RI dan Korsel, dengan tema 'Fly Together for Another 50 Years: Upgrading Indonesia-Korea Relations in Economy, Politics, Culture, and Defence”, dari Jakarta, Selasa (5/11).

Baca juga : Ganjar Dorong Peningkatan SDM Pemuda Sesuai Potensi Lokal Di Daerahnya

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, kedekatan hubungan antara Korsel dan Indonesia juga telah menjadi komitmen dari kedua pemimpin negara, yang ditegaskan pada berbagai forum internasional dan pertemuan bilateral. Tingginya intensitas pertemuan bilateral antara kedua negara, baik pada tingkat kepala negara/kepala pemerintahan, tingkat menteri, maupun hubungan antar parlemen, dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama dalam segala bidang, baik ekonomi, politik, kebudayaan, maupun kerjasama di bidang pertahanan, dan hubungan people to people (antar masyarakat) kedua negara.

Bamsoet menerangkan, banyak pelajaran yang dapat dipetik dari hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dengan Korea Selatan. Dia meyakini, Korea Selatan adalah mitra strategis yang sangat penting bagi Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi progres kerjasama antara kedua negara, khususnya pada peningkatan nilai investasi Korea Selatan di Indonesia yang terus menunjukkan tren peningkatan. Dan pada kesempatan yang baik ini, saya ingin meyakinkan kepada Korea Selatan, bahwa masih banyak potensi kerjasama yang dapat dikembangkan di Indonesia," kata Bamsoet.

Baca juga : Optimalkan Momentum Akhir Tahun, BNI Dorong Pengembangan UMKM

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, meskipun banyak capaian yang telah diraih, dan banyak hal telah diupayakan dalam rangka penguatan kerja sama bilateral kedua negara, tentunya masih ada beberapa aspek yang memerlukan tindak lanjut. Semisal, investasi di bidang industri baja, petrokimia, baterai kendaraan listrik dan kabel listrik, telekomunikasi, serta energi terbarukan. 

Dalam konteks transformasi ekonomi, Indonesia menyambut baik peran dan kontribusi Korea Selatan dalam penguatan sektor kesehatan, pembangunan berkelanjutan, ekonomi digital, dan administrasi publik. Diberlakukannya Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement), telah memberikan dasar pijakan yang kuat bagi peningkatan hubungan kerjasama kedua negara. 

“Sesuai dengan tema Seminar, Korea Selatan dan Indonesia akan memanfaatkan momentum ini untuk terbang bersama, menyongsong tahun keemasan kerja sama bilateral yang saling menguatkan," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.